BolaSkor.com - Stigma publik menilai Pep Guardiola sebagai manajer yang beruntung. Mengapa demikian? Dalam tiga tahun terakhir, keinginan Guardiola soal pemain-pemain yang diinginkannya selalu dipenuhi manajemen Manchester City.

Bukan hanya beruntung, Guardiola selalu dimanjakan dengan transfer pemain yang harganya tidaklah murah, sebut saja seperti Rodri, Riyad Mahrez, Kyle Walker, Aymeric Laporte, Bernardo Silva.

Wajar jika publik - bisa jadi - berpikir Guardiola sebagai manajer dengan pengeluaran transfer tertinggi dalam karier kepelatihannya. Dugaan itu tidak salah, namun ternyata, masih ada dua pelatih lainnya yang lebih 'boros' transfer ketimbang Guardiola. Siapa saja?

Baca Juga:

Resep Pep Guardiola Bisa Punya Dua Tim Kandidat Juara

Opini Jose Mourinho: Tim B Man City Lebih Baik ketimbang Arsenal, Chelsea, dan Man United

Chelsea Dikritik Jose Mourinho, Frank Lampard: Saya Sudah Siap

1. Roberto Mancini - Rp12 Triliun

Roberto Mancini

Mantan pelatih Inter Milan, Manchester City, dan Zenit Saint Petersburg ada di urutan tujuh dalam daftar pelatih dengan pengeluaran transfer tertinggi di dunia.

Pelatih timnas Italia telah menghabiskan dana sebesar 721,41 juta poundsterling atau sekira Rp12 triliun. Dua pemain termahalnya adalah Sergio Aguero (36 juta poundsterling) dan Edin Dzeko (33 juta poundsterling). Keduanya direkrut ketika Mancini melatih Man City.

Pemain yang sudah dibeli: 79 Pemain untuk enam klub berbeda.

2. Arsene Wenger - Rp14 Triliun

Arsene Wenger

Selama 22 tahun melatih Arsenal, pembelian terbesar Arsene Wenger adalah: Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Mesut Ozil, dan Granit Xhaka. Wenger telah menghabiskan sebanyak Rp14 triliun ketika melatih Nancy, Monaco, Nagoya Grampus Eight, dan Arsenal.

Pemain yang sudah dibeli: 103 pemain untuk empat klub berbeda.

3. Massimiliano Allegri - Rp15 Triliun

Massimiliano Allegri

Pelatih berusia 52 tahun telah menghabiskan Rp15 triliun dalam karier kepelatihannya. Tentu saja, Massimiliano Allegri paling banyak membeli pemain top kala membesut AC Milan (2010-2014) dan Juventus (2014-2019).

Pembelian terbesar Allegri adalah Cristiano Ronaldo (105 juta poundsterling pada 2018 dari Real Madrid ke Juventus). Selain Ronaldo, ada juga Gonzalo Higuain, Joao Cancelo, Paulo Dybala, dan Federico Bernardeschi.

Pemain yang sudah dibeli: 87 pemain untuk tiga klub berbeda.