7 Pertanyaan Seputar Finalissima dan Jawabannya

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 01 Juni 2022
7 Pertanyaan Seputar Finalissima dan Jawabannya
Finalissima (Twitter)

BolaSkor.com - Publik sepak bola akan dimanjakan dengan ajang Finalissima pada rehat kompetisi tahun ini. Juara Piala Eropa 2020, Italia, akan bertarung dengan tim terbaik pada Copa America 2021, Argentina, pada ajang Finalissima.

Bagi sebagain pihak, Finalissima masih asing di telinga. Apalagi, pada beberapa tahun ke belakang tidak ada ajang serupa yang mempertemukan juara Eropa dengan juara Amerika Selatan.

Tak heran, beberapa pertanyaan pun mencuat. Untuk tidak membuat semakin bingung, BolaSkor akan mencoba menjelaskan seperti di bawah ini:

Baca Juga:

Cari Tantangan Baru, Sadio Mane Tinggalkan Liverpool

Baru Gagal, Klopp Percaya Diri Minta Pesan Hotel untuk Liverpool di Final Musim Depan

Klaim Mau Balas Dendam kepada Madrid, Mohamed Salah Justru Buang Banyak Peluang

Apa itu Finalissima?

Pertandingan tersebut mempertemukan juara Eropa melawan rekan-rekan mereka di Amerika Selatan, dalam pertarungan yang disepakati setelah UEFA dan CONMEBOL menandatangani Memorandum of Understanding yang diperbarui dan diperpanjang pada 15 Desember 2021.

Siapa yang akan berlaga pada Finalissima 2022?

Pemenang Piala Eropa 2020, Italia, akan menghadapi pemenang Copa America 2021, Argentina.

Italia membukukan tempat mereka dengan mengklaim mahkota Eropa musim panas lalu, mengalahkan Inggris melalui adu penalti di final Wembley untuk gelar kontinental kedua mereka.

Sementara itu, Argentina mengakhiri penantian 28 tahun untuk trofi dengan memenangi Copa America 2021, mengalahkan Brasil 1-0 di penentuan untuk meraih gelar Copa America ke-15.

Bagaimana format Finalissima?

Finalissima akan menjadi pertandingan satu kali yang dimainkan selama 90 menit. Tidak ada perpanjangan waktu, jadi jika imbang di akhir waktu regulasi maka akan langsung ke adu penalti. Penunjukan wasit akan dilakukan bersama oleh kedua konfederasi.

Kapan Finalissima dimainkan?

Laga ini akan berlangsung pada Rabu 1 Juni 2022. Dimulai pukul 20:45 CET. Sementara itu, untuk waktu Indonesia bagian barat, Finalissima dimulai pada Kamis (2/6) pukul 01.45.

Kenapa Finalissima diperkenalkan?

Pertandingan tersebut merupakan bagian dari perluasan kerjasama antara UEFA dan CONMEBOL, yang terutama mencakup kategori sepak bola wanita, futsal dan pemuda, pertukaran wasit, serta skema pelatihan teknis.

Seperti yang dijelaskan oleh presiden UEFA Aleksander Eferin pada bulan Desember. "Kami sangat menantikan untuk mengeksplorasi peluang baru bersama dan kami sangat menantikan Finalissima di London pada Juni 2022."

Bagaimana trofi Finalissima?

Piala CONMEBOL-UEFA Cup of Champions terbuat dari kuningan dan dilapisi perak, dengan tinggi 45cm dan berat 8,5kg. Bentuk dan desainnya sama seperti saat pertama kali dibuat sebelum edisi pertama pada tahun 1985.

Apakah juara Piala Eropa dan pemenang Copa America pernah bertemu dalam laga resmi?

Ini akan menjadi ketiga kalinya pemenang Piala Eropa bersua juara Copa America dalam laga yang digelar UEFA dan CONMEBOL. Pada tahun 1985, Prancis mengalahkan Uruguay 2-0 di Paris, dan delapan tahun kemudian Argentina menyingkirkan Denmark melalui adu penalti di kandang sendiri, di Mar del Plata.

Trivia Sepak Bola Finalissima Timnas Italia Timnas Argentina Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.299

Bagikan