BolaSkor.com - Liga Champions 2020-2021 di fase grup masih menyisakan satu pertandingan lagi dan sembilan tim telah mengamankan tiket 16 besar. Tim-tim tersisa yang masih berpeluang lolos merebutkan tujuh tiket terakhir.

Kesembilan tim yang telah lolos itu menilik dari laman resmi UEFA adalah Barcelona, Bayern Munchen (juara bertahan), Chelsea, Borussia Dortmund, Juventus, Liverpool, Manchester City, Porto, dan Sevilla (juara bertahan Liga Europa).

Tidak ada kejutan dari tim-tim itu karena mereka memang punya tradisi bagus lolos dari fase grup dan sudah diprediksi sebelumnya. Sorotan justru untuk tujuh tiket yang tersisa dan masih direbutkan oleh beberapa tim.

Mereka yang masih berpeluang mendapatkan tiket 16 besar Liga Champions adalah Atletico Madrid, RB Salzburg, Shakhtar Donetsk, Real Madrid, Inter Milan, Atalanta, Ajax Amsterdam, Lazio, Borussia Monchengladbach, Club Brugge, Manchester United, PSG (Paris Saint-Germain), dan RB Leipzig.

Baca Juga:

5 Rekor Liga Champions yang Sulit Dipecahkan

Lewat Liga Champions, Barcelona Mencoba Lepas dari Ketergantungan Messi

Ketika Teater Impian Berubah Jadi Rumah yang Angker untuk MU

Drama di Grup B

Real Madrid terancam gagal lolos ke-16 besar Liga Champions

Tak disangka dua tim yang diprediksi lolos 'mudah' ke fase gugur Inter Milan dan Real Madrid justru terseok-seok di grup B Liga Champions. Belum ada tim yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions dari grup ini.

Dari urutan satu ada Borussia Monchengladbach (delapan poin) diikuti Shakhtar Donetsk (tujuh poin), Real Madrid (tujuh poin), dan Inter Milan (lima poin). Madrid akan melawan Gladbach di laga terakhir dan Inter kontra Shakhtar.

Seluruh laga itu akan jadi laga hidup mati bagi mereka dan berlangsung Kamis (10/12) dini hari WIB. Di antara keempat tim itu perjalanan Madrid cukup disorot mengingat status mereka sebagai raja Eropa.

Madrid telah memenangi 13 titel Liga Champions dan jadi yang terbanyak di antara tim-tim lainnya, dilatih oleh pelatih yang memberikan dua titel Liga Champions beruntun, Zinedine Zidane.

Skuad Madrid tidak banyak berubah namun berangsur menua seiring bertambahnya usia Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, dan Karim Benzema.

Parahnya mereka tak merekrut pemain baru di musim panas 2020, sementara pemain yang diharapkan tampil bagus seperti Eden Hazard justru sering cedera. Tak ayal laga melawan Gladbach akan jadi ujian mentalitas Madrid: mereka harus menang untuk lolos, kalah tidak jadi opsi karena akan menambah beban mereka.

Manchester United Buat Seru Persaingan di Grup H

PSG vs MU

Start dengan baik melalui dua kemenangan beruntun melawan semifinalis dan finalis Liga Champions musim lalu, Leipzig dan PSG, Manchester United malah tampil inkonsisten kalah dua kali dari Istanbul Basaksehir dan PSG.

Hasil itu kian membuat seru persaingan di grup H karena kini MU, PSG, Leipzig punya poin sama (sembilan poin), dan di posisi buncit ada Basaksehir. MU akan memainkan laga hidup mati kontra Leipzig dan PSG menghadapi Basaksehir yang sudah tak punya misi apapun.

Red Devils menyiakan peluang untuk lolos lebih awal ketika kalah dari Basaksehir. Hasil itu memperlihatkan inkonsistensi MU arahan Ole Gunnar Solskjaer. MU sedianya hanya butuh hasil imbang ketika melawan Leipzig di Jerman karena unggul selisih gol.

Akan tapi hasil itu akan menyulitkan United yang bisa berakhir sebagai runner-up jika PSG menang atas Basaksehir. Lolos grup sebagai runner-up berpotensi jumpa dengan lawan yang lebih sulit di 16 besar.

Peringkat tiga klasemen alias bermain di Liga Europa jelas tidak menjadi opsi bagi Leipzig, MU, dan PSG.