BolaSkor.com - Kematian George Floyd, seorang pria berkulit hitam akibat ulah polisi Amerika Serikat mengundang simpati dari seluruh dunia. Sejumlah pesepak bola juga turut menunjukkan rasa solidaritasnya.

George Floyd diamankan aparat kepolisian Minneapolis pada Senin (25/5) waktu setempat dengan dugaan terlibat kasus pemalsuan uang. Seorang polisi bernama Derek Chauvin menyuruh pria berusia 46 tahun itu tiarap lalu lehernya ditekan dengan lutut selama lebih dari tujuh menit.

Padahal saat itu, Floyd tidak melakukan perlawanan. Ia sempat meminta tolong karena kesulitan bernapas sebelum nyawanya tak tertolong lagi.

Video perlakuan polisi kepada Floyd berdurasi sekitar delapan menit itu kemudian menyebar secara cepat melalui media sosial. Ini dianggap menjadi bentuk diskriminasi atau rasisme terhadap orang kulit hitam.

Chauvin dan tiga polisi lainnya yang terlibat telah diamankan. Mereka didakwa melakukan pembunuhan tingkat tiga.

Baca Juga:

Hasil Pekan 29 Bundesliga: Bayern Munchen Pesta Gol

Bayern 5-0 Dusseldorf: Hansi Flick Lewati Catatan Guardiola, Muller Raja Assist

Cetak Dua Gol ke Gawang Dusseldorf, 18 Klub Bundesliga Telah Jadi Korban Keganasan Lewandowski

Tindakan tegas pemerintah Amerika Serikat itu tak membuat tensi mereda. Aksi demonstrasi besar-besaran yang berujung kerusuhan terjadi di banyak negara bagian Amerika Serikat.

Sejumlah dukungan kepada Floyd juga disuarakan tokoh-tokoh penting yang kebanyakan berkulit hitam. Aksi solidaritas bahkan tidak hanya terjadi di Amerika Serikat tapi di banyak negara lain.

Weston McKennie, pesepak bola berkebangsaan Amerika Serikat yang kini membela FC Schalke 04 tak mau ketinggalan. Ia menunjukkan rasa solidaritasnya dengan memakai pita hitam bertuliskan 'Keadilan untuk George' di lengan kirinya saat menghadapi Werder Bremen dalam lanjutan Budesliga, Sabtu (30/5) waktu setempat.

"Sebuah kehormatan bisa menyuarakan masalah begitu mengakar terlalu lama lewat platform saya. Kita semua harus berdiri membela nilai-nilai yang kita percayai dan saya percaya ini saatnya kita didengar," kata McKennie lewat akun Twitter pribadinya, @WMckennie.

Kylian Mbappe tak mau ketinggalan memberikan dukungan. Ia turut menyampaikan pesan dukungan menuntut keadilan kepada Floyd yang disertai emoji orang berbicara dan kepalan tangan.

Legenda Arsenal, Ian Wright juga turut bereaksi dengan komentar ini. Ia merasa frustrasi dengan aksi rasisme yang masih terus berlangsung.

"Saya lelah. Komentar dan balasan setiap hari menjelaskan diri kita sendiri daro Video itu. Mungkin butuh waktu untuk istirahat sebentar," kata Wright dilansir dari DailyMail.

Kasus Rasisme memang terus terjadi tidak hanya di Amerika Serikat tapi juga di seluruh dunia. Sepak bola juga menjadi salah bidang yang sangat rentan dengan permasalahan ini.