Alasan PSSI Tunjuk Tim Kelas Wahid Liga 1 Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-22

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 12 Februari 2019
Alasan PSSI Tunjuk Tim Kelas Wahid Liga 1 Jadi Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-22
Timnas Indonesia U-22. (PSSI).

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-22 memang tidak melakukan uji coba internasional, jelang Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Meski begitu, uji coba yang dilakukan Skuat Garuda Muda adalah menghadapi tim kelas wahid atau papan atas Liga 1, seperti Bhayangkara FC (2-2), Arema FC (1-1), dan Madura United.

"Mencari tim lawan dengan level sepadan di usia di bawah 22 tahun, sangat sulit saat ini," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto usai laga Timnas Indonesia U-22 lawan Arema.

Mantan CEO Arema FC ini menilai, uji coba Timnas Indonesia U-22 dengan tiga peserta Liga 1 merupakan solusi terbaik dalam mengasah kemampuan tim.

"Saya kira, sangat bagus kalau tim ini mendapat lawan uji coba dengan level lebih tinggi," ujar Iwan.

"Tim ini, meski berisi deretan pemain usia muda, bisa mengimbangi tim secara komposisi pemain berisi senior dan pemain asing."

PSSI sendiri sudah memproyeksikan Timnas U-22 dalam jangka panjang. Setelah berlaga di Piala AFF, tim asuhan Indra Sjafri itu bakal menjalani serangkaian rentetan turnamen untuk mematangkan kemampuan pemain.

"Setelah AFF, tim ini bakal berlaga di (Kualifikasi) Piala AFC. Dan akan berujung pada ajang SEA Games (Filipina, Desember) nanti," katanya, menambahkan.

Baca Juga:

Madura United akan Maksimal namun Hati-hati Hadapi Timnas Indonesia U-22

Partai Kontra Madura United Patokan Terakhir Pelatih Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 Temukan yang Dicari di Kandang Arema FC

Timnas Indonesia U-22
Timnas Indonesia U-22. (PSSI)

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memberikan catatan usai skuatnya ditahan imbang Arema FC 1-1, pada laga uji coba di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (10/2) kemarin.

"Pada deep defending, pemain kami melakukan satu kesalahan. Kondisi ini langsung membuat Arema mampu mencetak gol," ujar Indra.

"Sama seperti melawan Jepang (Piala Asia U-19 2018), kami sudah berusaha menutup semua ruang, dan mereka bisa shooting jarak jauh dan menjadi gol. Kelemahan seperti ini harus bisa kami minimalisir lagi," kata mantan pelatih Bali United ini.

Indra sendiri mengaku sulit memilih 23 pemain untuk ke Piala AFF U-22 2019. Pelatih asal Sumatera Barat itu bakal memilih skuat final usai laga kontra Madura United, Selasa (12/2).

"Laga terakhir melawan Madura United, saya berharap bisa memberikan kesempatan kepada pemain lain atau mungkin, kami bisa memantau pemain lagi," kata Indra.

Timnas Indonesia U-22 Indra sjafri Iwan budianto Breaking News Pssi
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.017

Bagikan