Alasan Thomas Tuchel Parkir Lukaku Lagi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 23 Februari 2022
Alasan Thomas Tuchel Parkir Lukaku Lagi
Romelu Lukaku (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan Chelsea atas Lille pada leg pertama Liga Champions 2021-2022 menyisakan sebuah cerita. Publik dibuat bertanya-tanya terkait alasan Romelu Lukaku tak turun bermain.

Dalam laga yang berlangsung di Stamford Bridge, Rabu (23/2) dini hari WIB, Lukaku menghabiskan waktu 90 menit pertandingan dengan duduk di bangku cadangan. Meski begitu, Chelsea tetap mampu meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Keputusan Tuchel mencadangkan Lukaku tentu ada kaitannya dengan performa buruk sang penyerang pada laga terakhir kontra Crystal Palace. Ketika itu yang bersangkutan hanya mampu melakukan tujuh sentuhan meski bermain penuh.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Chelsea Perkasa, Juventus Ditahan Villarreal

Chelsea 2-0 Lille: Stamford Bridge Masih Perawan

Statistik Lukaku Jadi Bahan Candaan, Tuchel Pasang Badan

Romelu Lukaku

Momen tersebut menjadi bukti terbaru Lukaku tak cocok dengan skema yang dijalankan Tuchel. Bukan tidak mungkin mantan pemain Inter Milan tersebut akan lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan pada sisa musim ini.

Namun Tuchel menepis anggapan tersebut. Ia punya alasan khusus tak memainkan Lukaku pada laga kontra Lille.

“Ini bukan momen setelah pertandingan di mana semua orang fokus pada beberapa sentuhan yang dia harus segera menempatkannya di tembakan berikutnya. Sudah waktunya untuk mengambil langkah mundur," kata Tuchel usai laga dilansir dari The Guardian.

"Itulah keputusannya. Anda bisa melihat dengan jelas bahwa kami meraih kemenangan besar, tapi hampir semua pertanyaannya adalah tentang Romelu. Fokusnya sangat besar."

Tuchel juga pernah memarkir Lukaku pada laga kontra Liverpool. Itu bentuk hukuman usai beredarnya wawancara kontroversial yang membuat gaduh.

Namun kini Tuchel melakukan langkah serupa untuk melindungi Lukaku. Ia tak mau pemain berkebangsaan Belgia itu semakin terbebani andai kembali tampil buruk kontra Lille.

Namun keputusan Tuchel juga sangat berisiko. Lukaku bisa semakin kehilangan rasa percaya dirinya karena tidak mendapat kesempatan bermain.

"Romelu kesulitan dalam beberapa pertandingan terakhir. Itulah yang saya maksud ketika saya mengatakan dirinya lelah karena tidak hanya lelah secara fisik tetapi juga mental," tambahnya.

Masalah Lukaku ini menjadi tantangan tersendiri bagi Tuchel. Kualitasnya sebagai juru taktik jempolan diuji untuk kembali membuat penyerang raksasa itu tajam kembali.

Chelsea mengeluarkan dana hampir 100 juta poundsterling untuk memulangkan Lukaku musim panas lalu. Nilai tersebut jadi terlihat mubazir jika melihat performa pemain berusia 28 tahun itu sekarang.

Romelu lukaku Thomas Tuchel Chelsea Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan