Arsenal 1-1 Liverpool: Lalui Drama Adu Penalti, The Gunners Juara Community Shield 2020

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 30 Agustus 2020
Arsenal 1-1 Liverpool: Lalui Drama Adu Penalti, The Gunners Juara Community Shield 2020
Arsenal juara Community Shield 2020 (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal besutan Mikel Arteta meraih titel pertama mereka di musim 2020-2021. The Gunners memenangi drama adu penalti melawan Liverpool di Wembley, Sabtu (29/08) malam WIB setelah laga berakhir imbang di waktu normal.

Arsenal asuhan Mikel Arteta turun dengan taktik 3-4-3. Pierre-Emerick Aubameyang menjadi ujung tombak yang didukung pergerakan Bukayo Saka dan Eddie Nketiah di sisi sayap. Tidak ada nama Willian di bangku cadangan dan William Saliba dicadangkan.

Sedangkan Jurgen Klopp turun dengan taktik andalan 4-3-3 di Liverpool. Trisula terbaik mereka Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane langsung bermain sebagai starter. Tidak ada Trent Alexander-Arnold di posisi bek kanan yang diisi Neco Williams.

Selama 10 menit pertama Liverpool mendominasi penguasaan bola dan tidak memainkan skema counter-pressing (serangan balik dan melakukan tekanan) yang biasa mereka lakukan. Malah Arsenal yang memainkan serangan balik.

Baca Juga:

Menanti yang Baru di Lini Pertahanan Arsenal

3 Pertemuan Bersejarah Terakhir Arsenal Vs Liverpool di Community Shield

Mikel Arteta Sebut Liverpool Bangkitkan Arsenal

Pierre-Emerick Aubameyang

Pola bermain Arsenal itu sejauh ini berhasil meredam Liverpool. Bahkan Arsenal unggul di menit 12 dari serangan balik ketika Saka memberikan bola kepada Aubameyang, mengontrol bola dan membelokkan bola tanpa bisa diantisipasi Alisson. 1-0 Arsenal unggul.

Arsenal bahkan nyaris menggandakan keunggulan dari permainan bola cepat dan pendek pada menit 18. Lagi-lagi Saka menciptakan peluang dan menyodorkan bola kepada Nketiah yang menendang bola tepat sasaran, tapi kali ini Alisson menepisnya.

Permainan sayap dan serangan balik Arsenal cukup merepotkan Liverpool yang justru terlihat kebingungan mencetak gol ke gawang Arsenal yang dijaga Emiliano Martinez. Sampai satu menit tambahan waktu berakhir di babak pertama tak ada lagi gol yang tercipta. 1-0 Arsenal unggul.

Liverpool meningkatkan tempo permainan di babak kedua. Hasilnya pada menit 56 Martinez melakukan penyelamatan pertamanya di laga ini ketika mencegah peluang dari Sadio Mane yang berlari melewati Rob Holding.

60 menit laga berlangsung dua pemain masuk dari bangku cadangan untuk Liverpool: Takumi Minamino dan Naby Keita. Sedangkan Arteta memainkan Cedric Soares menggantikan Hector Bellerin. Mesin Liverpool kian panas.

Pada menit 68 Minamino menciptakan peluang berbahaya ke gawang Arsenal melalui sepakan kerasnya. Tapi Martinez lagi-lagi mengagalkan peluang tersebut.

Terus diserang gawang Arsenal akhirnya kebobolan gol di menit 73. Meski menumpuk pemain di lini belakang, kemelut terjadi melalui pergerakan Mo Salah yang kemudian berujung pada bola liar menuju Minamino yang langsung menjebol gawang Martinez. 1-1.

Gol Takumi Minamino

Memasuki 10 menit terakhir Mane lagi-lagi punya peluang mencetak gol ketika ia mengontrol bola dari Andrew Robertson. Akan tapi Martinez pun sigap bereaksi dan memblok bola yang datang.

Masuknya sejumlah pemain di kedua kubu tim tidak mengubah kedudukan 1-1 sampai tiga menit tambahan waktu berakhir. Pemenang pertandingan pun ditentukan via drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti Arsenal menang 5-4 dan kelima eksekutor mereka: Reiss Nelson, Ainsley Maitland-Niles, Cedric, David Luiz, dan Aubameyang menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari Liverpool Rhian Brewster gagal mencetak gol. Arsenal juara Community Shield 2020.

Susunan Pemain:

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez; Rob Holding, David Luiz, Kieran Tierney; Hector Bellerin (Cedris Soares 58'), Mohamed Elneny, Granit Xhaka, Ainsley Maitland-Niles; Bukayo Saka (Joe Willock 82'), Eddie Nketiah (Reiss Nelson 82'), Pierre-Emerick Aubameyang.

Pemain Cadangan: Bernd Leno, William Saliba, Cedris Soares, Reiss Nelson, Joe Willock, Sead Kolasinac, Emile Smith Rowe, Tyreece John-Jules, James Olayinka.

Manajer: Mikel Arteta

Liverpool (4-3-3): Alisson; Neco Williams (Takumi Minamino 59'), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (Naby Keita 59'), Fabinho, Georginio Wijnaldum (Rhian Brewster 90+2'); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Curtis Jones 83'), Sadio Mane.

Pemain Cadangan: Adrian, Naby Keita, Marko Grujic, Curtis Jones, Takumi Minamino, Konstantinos Tsimikas, Rhian Brewster, Harvey Elliott, Billy Koumetio.

Manajer: Jurgen Klopp

Breaking News Arsenal Liverpool Community Shield
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan