Arsenal Tak Dapat Penalti, Arteta Pertanyakan Regulasi Handball

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 06 Maret 2021
Arsenal Tak Dapat Penalti, Arteta Pertanyakan Regulasi Handball
Burnley vs Arsenal (Twitter)

BolaSkor.com - Lanjutan Premier League 2020-2021 kembali diwarnai kontroversi terkait handball. Kali ini hal itu terjadi saat Arsenal bertandang ke markas Burnley.

Dalam laga yang berlangsung di Turf Moor, Sabtu (6/3), kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1. Gol Pierre-Emerick Aubameyang di awal laga mampu dibalas Chris Wood.

Sejumlah insiden menarik terjadi di babak kedua. Salah satunya pada menit ke-75 saat Erik Pieters tertangkap kamera menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti saat mengawal pergerakan Nicolas Pepe.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Jelang Laga Burnley Vs Arsenal

5 Klub dengan Jalinan Kontrak Sponsor Jersey Terlama

Burnley 1-1 Arsenal: Blunder Xhaka Bikin The Gunners Gagal Menang

Insiden handball Erik Pieters

Namun insiden tersebut tidak digubris wasit yang bertugas, Andre Marriner. Hal ini jelas merugikan Arsenal yang butuh kemenangan untuk memperbaiki posisinya di klasemen.

Arsenal kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol kemenangan di penghujung babak kedua. The Gunners dihadiahi penalti setelah Pieters dianggap melakukan handball saat menghalau bola sepakan Pepe di mulut gawang Burnley.

Pieters bahkan dihadiahi kartu kuning kedua karena insiden tersebut. Namun Marriner kemudian menganulir dua keputusan tersebut usai berkonsultasi dengan petugas VAR.

Dari tayangan ulang, bola memang terlihat mengenai bahu Pieters. Arsenal pun tak jadi mendapat hadiah penalti.

Dua insiden itu membuat Mikel Arteta selaku manajer Arsenal geram. Ia mempertanyakan regulasi terkait handball yang berlaku di Premier League.

"Saya pikir itu jelas penalti dan tidak ada perdebatan tentang itu. Jika itu bukan penalti, maka akankah seseorang menjelaskan seperti apa (handball) yang diputuskan menjadi penalti di liga ini," kata Arteta usai pertandingan.

Kontroversi terkait handball yang mewarnai Premier League dalam sepekan terakhir. Hal itu diawali insiden yang melibatkan Callum Hudson-odoi saat Chelsea menjamu manchester United.

Dari tayangan ulang, Hudson-Odoi terlihat jelas menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti. Setelah mengecek VAR, wasit tidak memutuskan hal itu sebagai sebuah pelanggaran karena menganggap tangan pemain Chelsea tersebut tak aktif.

Beberapa hari kemudian, insiden serupa terjadi tapi wasit mengambil keputusan yang berbeda. Momen yang dimaksud terjadi saat Tottenham Hotspur menaklukkan Fulham dengan skor 1-0 dalam laga tandang.

Fulham sempat menyamakan kedudukan di penghujung pertandingan lewat sepakan Josh Maja. Namun wasit menganulir gol tersebut karena pemain Fulham lainnya, Mario Lemina lebih dulu melakukan handball.

Handball yang dimaksud menjadi perdebatan karena bola sepakan Davinson Sanchez mengenai tangan Lemina yang berada di samping badan dan jelas tak aktif. Pantulannya kemudian dimanfaatkan Maja untuk mencetak gol.

IFAB ubah aturan Handball

Kontroversi tersebut akhirnya membuat badan yang mengatur peraturan sepak bola (IFAB) bereaksi. Mereka akan menerapkan regulasi terbaru terkait handball mulai 1 Juli mendatang.

Nantinya, handball yang tidak disengaja tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Hal ini diharapkan dapat meredam polemik dan kontroversi yang menjadi bumbu pertandingan sepak bola.

Burnley Arsenal Mikel Arteta Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan