BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 telah memasuki fase akhir grup. Beberapa negara sudah mengamankan tiket fase gugur Piala Eropa, dua negara yang sudah memastikan tempat di urutan satu-dua sudah pasti lolos ke fase berikutnya.

Meski begitu tim-tim yang masih berkesempatan untuk menduduki peringkat tiga tak boleh berkecil hati, sebab masih ada kans bagi mereka untuk lolos ke fase gugur dan dalam turnamen Piala Eropa 2020 mencapai 16 besar.

Seperti halnya contoh dari penyisihan grup A yang sudah berakhir. Italia memastikan posisi puncak klasemen grup dengan raihan sembilan poin dari tiga pertandingan, mencetak tujuh gol tanpa kebobolan.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020: Anomali Marco Verratti, Bintang Italia yang Belum Pernah Mencicipi Serie A

Calon Lawan Italia pada Babak 16 Besar

Hasil dan Klasemen Akhir Grup A Piala Eropa 2020: Italia Sempurna

Timnas Italia

Italia memenangi laga terakhir kontra Wales dengan skor 1-0 melalui gol Matteo Pessina di Stadio Olimpico, Minggu (20/06) malam WIB. Wales, meski kalah, menduduki urutan dua klasemen dan unggul selisih gol dari Swiss yang mengoleksi poin sama (empat poin).

Swiss di laga terakhirnya menang telak 3-1 atas Turki melalui dua gol Xherdan Shaqiri dan satu gol Haris Seferovic. Turki sudah pasti tidak lolos karena tak meraih satu pun poin dan Swiss ada di peringkat tiga.

Swiss tak mendapatkan tiket langsung ke-16 besar, tetapi mereka tak seharusnya patah arang sebab masih ada kans masuk peringkat tiga terbaik dan lolos ke-16 besar.

"Saya sangat senang. Kami menunjukkan sebagai tim apa yang kami bisa. Tim melakukan apa yang mereka butuhkan. Saya merasa kami menghasilkan kinerja yang baik selama 90 menit. Target kami tetap lolos ke babak 16 besar. Sekarang kami harus menunggu dan melihat," ucap pelatih Swiss, Vladimir Petkovic.

Tidak banyak yang mengetahui bagaimana tim peringkat tiga di fase grup Piala Eropa bisa lolos ke fase gugur. Faktanya aturan ini sudah lama diterapkan dan sekedar informasi, Portugal lolos ke fase gugur pada Piala Eropa dengan peringkat tiga terbaik di grup dan pada akhirnya memenangi turnamen pada 2016.

Menentukan Tim Peringkat Tiga Terbaik

Empat dari enam tim yang terpilih sebagai peringkat tiga terbaik akan lolos ke-16 besar Piala Eropa 2020. Lantas bagaimana cara menentukan empat dari enam tim itu?

Menurut artikel regulasi 21.03 hasil dari peringkat tiga terbaik diambil dari performa mereka di tiga laga grup dengan kriteria sebagai berikut ini:

A. Perolehan poin tertinggi.
B. Selisih gol yang lebih superior.
C. Jumlah gol yang lebih tinggi.
D. Jumlah kemenangan yang lebih tinggi.
E. Poin kedisiplinan yang lebih baik dari pertimbangan kartu kuning dan merah yang diterima (kartu merah tiga poin, kartu kuning satu poin, akumulasi kartu tiga poin).
F. Posisi secara umum di ranking Kualifikasi Piala Eropa.

Saat ini hingga laga grup A berakhir Swiss ada di urutan teratas peringkat tiga terbaik disusul Portugal, Austria, Finlandia, lalu ada Spanyol, dan Kroasia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini