Bambang Pamungkas, Raffi Ahmad, sampai Ponaryo Astaman Gugur dari Bursa Exco PSSI 2023-2027

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 31 Januari 2023
Bambang Pamungkas, Raffi Ahmad, sampai Ponaryo Astaman Gugur dari Bursa Exco PSSI 2023-2027
Pemilik RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Sejumlah nama besar dinyatakan tidak lolos verifikasi sebagai Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Dua di antaranya merupakan mantan pesepakbola nasional yaitu Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman serta satu selebriti sekaligus pemilik klub RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad.

Sebelumnya, Bambang dan Ponaryo terdaftar sebagai bakal calon Wakil Ketua Umum PSSI. Sementara Raffi masuk daftar bakal calon anggota Komite Eksekutif atau Exco.

Total ada empat nama yang gugur sebagai calon waketum dan 25 orang gugur dalam daftar calon Exco. Sementara semua bakal calon ketua umum yang berjumlah lima orang dinyatakan lolos.

Baca Juga:

Daftar Lengkap Calon Sementara Exco PSSI Periode 2023-2027

Termasuk Erick Thohir dan La Nyalla, KP Loloskan 5 Bakal Calon Ketum PSSI sebagai DCS

Alasan KP Loloskan Menpora Zainudin Amali sebagai Calon Sementara Waketum PSSI

"KP memutuskan 27 nama calon anggota Exco yang tidak lolos dan tidak mengajukan banding. Diklasifikasikan menjadi dua. Pertama, yang bersangkutan tidak terdapat lembar kesediannya," kata Ketua KP PSSI, Amir Burhanuddin, kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (31/1).

"Dan ada satu (calon) anggota (Exco) yang bersedia, namun tidak mendapatkan dukungan dari anggota (PSSI) sehingga yang bersangkutan kami putuskan tidak lolos dan tidak dapat mengajukan banding," ujar Amir menambahkan.

Setelah pengumuman DCS ini, tahapan berikutnya adalah pengajuan banding para calon yang tidak lolos penyaringan KP ke Komite Banding Pemilihan (KBP). Proses ini berlangsung pada 1-3 Februari.

Kemudian pada 4 dan 5 Februari, KBP melakukan pemeriksaan dokumen banding yang diajukan sebelum diumumkan Daftar Calon Tetap atau DCT pada 6 Februari. Nantinya calon yang tertera di DCT akan bertarung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Exco PSSI periode 2023-2027 pada 16 Februari.

Pssi KLB PSSI Bambang pamungkas Ponaryo astaman Raffi Ahmad Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.301

Bagikan