BolaSkor.com - Ernesto Valverde menjadi korban pemecatan pertama Barcelona setelah 17 tahun. Sebelumnya Barcelona mengganti pelatih karena kontraknya habis dan tidak diperpanjang.

Pertama kalinya klub berjuluk Blaugrana memecat pelatihnya kembali setelah 17 tahun. Hal ini menjadi rekor tersendiri bagi Barcelona. Terakhir, klub raksasa Spanyol tersebut memecat Louis van Gaal pada 2003.

Baca Juga:

Indikasi Kedatangan Xavi Hernandez ke Barcelona, Gantikan Ernesto Valverde

Barcelona Kirim Tawaran untuk Mauricio Pochettino

Pecat Ernesto Valverde, Barcelona Tunjuk Eks Pelatih Real Betis

Van Gaal saat itu hanya bertahan selama tujuh bulan di Camp Nou. Mantan Pelatih asal Belanda tersebut dipecat usai kalah dari Celta Vigo. Pada akhir musim Radomir Antic mengambil peran Van Gaal hingga akhir musim tersebut.

"Cara Barcelona memperlakukan Valverde menjijikkan. Seharusnya bisa lebih menghormati pelatihnya," ungkap mantan bintang Barcelona, Andres Iniesta dikutip dari Mirror.co.uk.

Sikap Iniesta marah karena mengetahui Barcelona sudah melakukan pendekatan dengan pelatih lain, sebelum akhirnya mendepak Valverde.

Presiden klub Josep Maria Bartomeu diketahui sempat melakukan pendekatan calon pengganti Valverde. Salah satunya adalah Xavi Hernandez, tetapi mantan gelandang itu menolak tawaran manajemen klub.

Padahal nyatanya, Valverde memiliki catatan yang lumayan bagus dan bukan tanpa trofi sama sekali. Selama masanya, Valverde mencatatkan 97 kali kemenangan, 32 imbang, dan 16 kali kekalahan dari total 145 laga pertandingan.

Selain Van Gaal hanya ada tiga pelatih yang dipecat Barcelona, yaitu Terry Venables, Johan Cruyff, dan Lorenzo Serra Ferrer.

Penulis: Alexander Matthew