BolaSkor.com – Bek Sayap Barito Putera, Gavin Kwan Adsit mengungkapkan kekhawatirannya saat melihat baut di bagian sayap pesawat yang ditumpanginya kendor ketika sedang terbang.

Pengalaman mengerikan itu didaptkan Gavin Kwan pada perjalanan dari Yogyakarta menuju Banjarmasin Barito Putera menahan imbang PSS Sleman 2-2, Sabtu (27/7). Gavin Kwan merekam baut pesawat yang berputar seperti mau lepas dari cangkangnya dan mengunggahnya di Instagram Story.

“Tentunya saya post di instagram hanya untuk kewaspadaan keamanan pesawat supaya mengecek kembali baut-baut di pesawat sebelum lepas landas,” ucap Gavin Kwan.

Hal ini bukan tanpa alasan, pemain berusia 23 tahun ini belajar dari tayangan yang sering ditontonnya di National Geographic TV Show Flight Investigation. Dari tayangan itu ia tahu bahwa kadang-kadang hal yang terkecil seperti baut saja bisa berakibat fatal di penerbangan.

Baca Juga:

PSS Sleman Ditahan Barito Putera, Madura United Perkasa bagi Badak Lampung

PSIS Semarang Diuntungkan Final Antara PSM Makassar Vs Persija Jakarta

Gavin Kwan mengatakan beberapa temannya yang bekerja di perusahaan aviasi dan teknik pesawat mengatakan bahwa baut tersebut tidak terlalu berpengaruh pada performa pesawat.

Namun, untuk pemain Timnas Indonesia U-23 ketelitian untuk mengecek seluruh komponen baik interior maupun eksterior pesawat jadi tugas penting yang harus juga dilakukan petugas.

“Tentunya khawatir banget melihat bautnya putar-putar dan sudah siap lepas dari pesawat. Beruntung saya lihatnya saat sudah mau landing jadi kekhawatiran saya tidak terlalu tinggi. Hanya kepikiran untuk penumpang-penumpang berikutnya,” ungkapnya.

Setibanya di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, ia mengaku segera melaporkan hal tersebut ke pihak bandara. Ia tak ingin kejadian naas terjadi pada penumpang selanjutnya di pesawat tersebut.

“Saya dan teman teman di Barito pastinya selalu kepikiran karena naik pesawat hampir lima kali setiap bulan. Saya berharap keamanan pesawat bisa diutamakan lagi, yang penting pengecekan pengamanan saja supaya lebih teliti lagi,” ujarnya.