BolaSkor.com - Legenda AS Roma, Daniele De Rossi disinyalir tidak akan lama lagi memulai karier kepelatihannya dengan melatih klub sendiri. Sebagaimana diwartakan Sky Sports Fiorentina menginginkannya jadi pelatih musim depan.

De Rossi (36 tahun) sudah pensiun bermain pada 2020 setelah lima bulan bermain dengan klub Argentina, Boca Juniors. Sebelumnya produk akademi Roma menghabiskan kariernya membela Giallorossi dari 2001 hingga 2019.

Legenda hidup Roma memainkan 616 penampilan selama 18 tahun berada di klub Ibu Kota Italia, menjadikannya pemain kedua dengan penampilan terbanyak setelah Francesco Totti. De Rossi juga memiliki 117 caps dengan timnas Italia dan memenangi Piala Dunia 2006.

Meski tak punya catatan kepelatihan Fiorentina tetap berharap dilatih De Rossi musim depan, sebab performa klub tak membaik di bawah arahan Giuseppe Iachini. Saat ini Fiorentina ada di urutan 14 klasemen dari 29 laga Serie A dan terpaut enam poin dari zona degradasi.

Baca Juga:

Kisah Fabio Capello Tolak Tukar De Rossi Muda dengan Edgar Davids

Usai Pensiun, Daniele De Rossi Ingin Kembali Mengabdi kepada AS Roma

Dua Klub Inggris Siap Tikung Juventus untuk Dapatkan Federico Chiesa

Daniele De Rossi

Pengalaman besar De Rossi sebagai pemain diharapkan bisa mengembangkan Fiorentina musim depan, khususnya karena klub punya pemain-pemain berbakat seperti Federico Chiesa, Nikola Milenkovic, dan Gaetano Castrovilli.

Apabila benar Fiorentina maka De Rossi harus segera mulai mengambil lisensi kepelatihan. Fiorentina bisa jadi klub yang tepat untuk memulai karier kepelatihan dan menerapkan ilmu dari hasil studinya dengan permainan Pep Guardiola.

Sudah Lama Memelajari Filosofi Pep Guardiola

De Rossi tak berada di era yang sama seperti Pep Guardiola, namun kala masih muda De Rossi pernah melihat Guardiola bermain dengan Roma pada medio 2002-2003. Tidak hanya melihat langsung aksinya, De Rossi sudah lama memerhatikan sepak terjang Guardiola sebagai pelatih dan pernah mendapatkan ilmu darinya langsung.

"Saya mengagumi, seperti semua orang lainnya, permainan tiki taka memukau Barcelona. Saya berlatih di Trigoria (di masa lalu) ketika Pep menjelaskan kepada saya bagaimana tubuh saya seharusnya kala menerima bola dan cara memainkannya," tutur De Rossi di laman Gianluca Di Marzio.

"Dia sudah memiliki permainan Barca di dalam pikirannya dan coba menjelaskannya kepada saya."

Ilmu itu yang akan coba diterapkannya di Fiorentina. Menerapkannya tak semudah membalikkan telapak tangan, meski begitu dengan keyakinan tinggi De Rossi bisa seperti Guardiola, Zinedine Zidane, atau Gennaro Gattuso yang menjalani karier sebagai pelatih setelah pensiun.

"Saya akan memulai jalan ini (karier kepelatihan) tidak hanya karena saya menyukainya, tapi karena saya benar-benar berpikir bisa melakukannya," yakin De Rossi.