Belanda Ditahan Imbang Ekuador, Virgil van Dijk Dikecam Legenda

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 26 November 2022
Belanda Ditahan Imbang Ekuador, Virgil van Dijk Dikecam Legenda
Virgil van Dijk (Twitter)

BolaSkor.com - Virgil van Dijk dianggap sosok yang harus bertanggung jawab di balik kegagalan Belanda mengalahkan Ekuador dalam lanjutan grup A Piala Dunia 2022. Hal itu diungkapkan oleh legenda de Oranje, Marco van Basten.

Dalam laga yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Jumat (25/11), kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1. Hasil ini membuat Belanda baru bisa memastikan diri lolos ke babak 16 besar pada pertandingan terakhir.

Belanda sebenarnya mengawali pertandingan dengan baik. Cody Gakpo sudah mampu memecah kebuntuan lewat tembakan keras pada menit keenam.

Baca Juga:

Belanda 1-1 Ekuador: Persaingan Grup A Masih Terbuka

Ribuan Fans Timnas Belanda Ramaikan Puncak Acara Oranje Indonesia Festival di Kompleks GBK

Belanda Vs Ekuador: Oranje Perkasa Kontra Wakil Amerika Selatan

Namun setelah itu, Belanda lebih banyak berada di bawah tekanan Ekuador. Puncaknya, Enner Valencia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-49.

Menurut Van Basten, Van Dijk bertanggung jawab terkait bobolnya gawang Belanda. Bek Liverpool itu dinilai tidak bertahan dengan baik saat mencegah Pervis Estupinan melakukan tembakan.

Gol Valencia tercipta melalui bola rebound usai sepakan keras Estupinan mampu ditepis Andries Noppert. Van Dijk terlihat hanya mempersempit ruang tembak sang lawan.

"Van Dijk hanya menunggu dan melihatnya menembak. Apa yang dia lihat?" kata Van Basten saat bertugas sebagai komentator di NOS.

"Dia harus berada di depannya! Dia membiarkannya menembak!"

Kekecewaan Van Basten kepada Van Dijk tidak sampai di situ saja. Ia juga mempertanyakan kontribusinya sebagai kapten tim.

"Dia tidak memimpin. Dia tidak mengurus apa pun di tim. Dia membuat suara, tapi dia tidak mengatakan apa-apa, inilah yang dia lakukan," tambahnya.

Ini bukan kali pertama Van Basten mengkritik Van Dijk. Legenda AC Milan itu juga sempat mempertanyakan kualitasnya untuk membangun serangan dari bawah layaknya bek-bek modern.

Menariknya, Van Dijk tak ragu membalas kritikan seniornya tersebut. Ia merasa kritikan terkait kepemimpinannya tak berdasar.

"Menurut saya dia (Van Basten) tidak pernah positif, jadi apa yang harus saya lakukan? Mudah untuk berbicara dari studio," kata Van Dijk usai laga kontra Ekuador.

"Saya gagal sebagai kapten? Saya selalu di depan. Saya memimpin tim dengan cara terbaik."

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Belanda Virgil van Dijk Marco Van Basten Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan