BolaSkor.com - Memenangi duel bola udara merupakan salah satu kunci untuk memenangi penguasaan bola atau menghentikan penguasaan bola lawan. Di Eropa bek FC Parma Bruno Alves memiliki statistik terbaik dalam melakukannya.

Menurut catatan statistik di Transfermarkt, Bruno Alves memenangi 78,4 persen duel bola udara dan menjadi yang terbaik di antara lima liga top Eropa. Persentase itu sudah melewati bek Liverpool Virgil van Dijk yang punya catatan 74,9 persen.

Catatan yang fantastis. Pasalnya Alves sudah berusia 38 tahun dan memiliki banderol satu juta euro sementara Van Dijk 100 juta euro. Kelebihan Bruno Alves dalam memenangi duel bola udara sudah dapat diprediksi.

Baca Juga:

Tak Mau Van Dijk Pergi, Liverpool Sodorkan Kontrak Baru dengan Peningkatan Gaji Signifikan

Bukan Cristiano Ronaldo, Van Dijk Sebut Lionel Messi sebagai Lawan Tersulit

Sergio Ramos Memasuki Usia Senja, Real Madrid Targetkan Virgil van Dijk

Bruno Alves

Dengan tinggi badan 1,87 meter mantan bek Porto, Zenit Saint Petersburg, Fenerbahce, dan Cagliari memiliki keunggulan dalam duel bola udara. Pengemas 96 caps dan 11 gol dengan timnas Portugal itu juga sering menguji kemampuannya itu melawan Cristiano Ronaldo.

Bukan rahasia lagi jika peraih lima Ballon d'Or memiliki loncatan yang bagus ketika ingin menanduk bola udara. Tapi menurut Alves Ronaldo tak pernah menang melawannya.

"Saya sudah bermain melawannya (Ronaldo) beberapa kali, tapi dia tak pernah mengalahkan saya di udara. Dia mungkin lebih cepat dan lebih baik secara teknis, tapi di udara saya meragukannya," ucap Alves di Instagram.

Sejak datang ke Parma dari 2018 Bruno Alves memang langsung menjadi palang pintu andalan di lini belakang. Dia menjadi kapten di sana dan masih tetap prima mendekati usia 40 tahun.

Berikut pemilik persentase tertinggi dalam memenangi duel bola udara di lima liga liga top Eropa:

1. Bruno Alves - Parma (78,4 persen)
2. Virgil van Dijk - Liverpool (74,9 persen)
3. Grant Hanley - Norwich City (70,1 persen)
4. Francesco Acerbi - Lazio (70,1 persen)
5. James Tarkowski - Burnley (69,6 persen)