BolaSkor.com - Marcus Rashford menjelma menjadi mesin gol Manchester United pada musim 2022-2023. Lantas bagaimana penyerang berusia 25 tahun itu bangkit dari keterpurukan?

Rashford merupakan salah satu penyerang andalan Manchester United dalam beberapa tahun terakhir. Namun dirinya mengalami masa-masa sulit sepanjang musim lalu.

Pada musim 2021-2022, Rashford hanya mampu mencetak lima gol dari 32 laga di semua kompetisi. Performa tersebut membuatnya dihujani kritik hingga masuk daftar jual.

Baca Juga:

Bukan Lagi Pusing, Ini Arti Selebrasi Tunjuk Kepala Milik Marcus Rashford

Tidak Kenal Takut, Marcus Rashford Bisa Lewati Siapa Pun

Arsenal Ingin Bajak Marcus Rashford

Namun Rashford seolah terlahir kembali di bawah asuhan Erik ten Hag. Produk asli akademi Manchester United sepanjang musim ini telah membukukan 24 gol dari 37 laga yang merupakan torehan terbaiknya dalam satu musim.

Kebangkitan Rashford tidak terjadi begitu saja. Ada perubahan mentalitas yang dilakukan.

“Di level atas, tidak cukup untuk menang secara konsisten tetapi yang membedakan adalah mentalitasnya. Saya sudah berada di kedua sisi itu dan memahami kekuatan serta nilainya," kata Rashford kepada Manchester Evening News.

“Saya hanya lebih berkonsentrasi untuk menjaga diri saya dalam ruang kepala (mentalitas yang baik) itu. Saya pikir itu diperlukan untuk pergi dan memenangkan pertandingan dan trofi.”

Rashford memang terlihat semakin matang. Ia sudah tahu cara menghadapi tekanan sebagai tumpuan lini depan Manchester United.

Perubahan mentalitas juga menjadi alasan dirinya mampu mencetak banyak gol musim ini. Ia hanya perlu meningkatkan rasa lapar di depan gawang lawan.

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya merasa bisa menambahkan 10 atau 15 gol lagi jika saya lebih konsisten bahkan di musim terbaik. Tahun ini adalah sesuatu yang saya konsentrasikan sedikit lebih banyak," tambahnya.

"Staf selalu memberi saya pengingat untuk terus maju. Satu-satunya hal yang dapat saya fokuskan adalah secara konsisten berada di area untuk mencetak gol dan itulah yang ada dalam kemampuan saya dan itulah yang baru saja saya lakukan.”