Chelsea 1-2 Brighton: The Seagulls Catat Kemenangan Bersejarah

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 15 April 2023
Chelsea 1-2 Brighton: The Seagulls Catat Kemenangan Bersejarah
Chelsea 1-2 Brighton (Twitter)

BolaSkor.com - Pekan 31 Premier League menghadirkan kejutan di markas Chelsea, Stamford Bridge, saat menjamu Brighton & Hove Albion, Sabtu (15/04) malam WIB. The Blues kalah 1-2 melawan Brighton dan menambah nestapa tim arahan Frank Lampard.

Di bawah arahan Lampard, Chelsea menelan tiga kekalahan beruntun dan tim kebobolan lima gol (hanya sekali mencetak gol). Bagi Brighton kemenangan itu bersejarah karena menjadi kemenangan pertama di markas Chelsea, di ajang liga, dalam sejarah 122 tahun Brighton.

Jalannya Pertandingan

Chelsea berusaha menemukan kembali cara untuk menang setelah empat laga beruntun tanpa kemenangan. Turun dengan taktik 4-3-3, Chelsea arahan Frank Lampard mengandalkan Christian Pulisic, Raheem Sterling, Mykhaylo Mudryk di lini depan.

Chelsea coba menekan dan hasilnya gol tercipta di menit 13. Conor Gallagher menerima bola dari Mudryk, melepaskan tendangan jarak jauh dan bola terdefleksi Lewis Dunk hingga mengecoh sang kiper, Robert Sanchez. 1-0 Chelsea unggul.

Baca Juga:

Puasa Gol Makin Panjang, Lini Depan Chelsea Jadi Sorotan

Mason Mount Dihujani Kritik, Frank Lampard Pasang Badan

Cuci Gudang Pemain Chelsea pada Bursa Transfer Musim Panas 2023

Keunggulan itu tidak membuat Chelsea semakin agresif menyerang untuk mencetak gol lagi, malah Brighton menaikkan intensitas serangan dan menggempur pertahanan Chelsea.

Tuan rumah cukup beruntung kiper mereka, Kepa Arrizabalaga, tampil bagus mengamankan peluang yang datang termasuk dari aksi solo run Kaoru Mitoma. Namun semakin lama bertahan pertahanan Chelsea pun akhirnya terbuka.

Pada menit 42, tiga menit setelah Danny Welbeck bermain menggantikan Evan Ferguson, Welbeck mencetak gol dengan tandukan kepalanya ketika menyambut umpan silang dari Pascal Gross. 1-1 kedudukan sama kuat.

Pertandingan di babak pertama berakhir sama kuat 1-1. Namun Chelsea bak bermain sebagai tim tamu melawan Brighton yang mengontrol permainan, yang dibuktikan dengan 67 persen penguasaan bola berbanding 33 persen tuan rumah.

Jalannya laga di babak kedua tak jauh berbeda dari babak pertama. Chelsea tetap bertahan dan Brighton mendominasi sampai angka 70 persen penguasaan bola, bahkan setelah Lampard memasukkan empat pemain sekaligus di menit 57.

Mateo Kovacic, Hakim Ziyech, Joao Felix, dan Reece James masuk bersamaan menggantikan Wesley Fofana, Enzo Fernandez, Christian Pulisic, dan Raheem Sterling.

Kendati Lampard memainkan pemain ofensif dan 'kaki' yang lebih segar dari bangku cadangan, permainan Chelsea tidak berubah dan Brighton melanjutkan permainan bagus mereka dan kesabaran mereka membuahkan hasil.

Pada menit 69 Julio Enciso, yang diturunkan di babak pertama menggantikan Joel Veltman, mencetak gol indah dengan tendangan keras dari luar kotak penalti usai menerima bola dari Solly March. Bola yang datang tidak dapat ditepis Kepa. 2-1 Brighton berbalik unggul.

Selepas keunggulan itu Brighton mengendurkan serangan dan bertahan menjaga keunggulan, ganti Chelsea menekan untuk mencetak gol yang dapat menyamakan kedudukan.

Akan tapi Chelsea tak memiliki kreativitas yang dapat membongkar pertahanan Brighton. Tak ayal serangan mereka mudah dimentahkan dan Chelsea frustrasi urung mencetak gol kembali. Pertandingan berakhir sampai enam menit tambahan waktu dan tidak ada lagi gol yang tercipta. Brighton menang 2-1 atas Chelsea.

Brighton sementara ini ada di urutan tujuh klasemen dengan 49 poin dari 29 pertandingan, sedangkan Chelsea berada di peringkat 11 klasemen dengan 39 poin dari 31 pertandingan.

Susunan Pemain

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga (c); Trevoh Chalobah, Wesley Fofana (Reece James 57'), Benoit Badiashile, Ben Chilwell; Conor Gallagher, Enzo Fernandez (Mateo Kovacic 57'), Denis Zakaria (Mason Mount 74'); Christian Pulisic (Hakim Ziyech 57'), Raheem Sterling (Joao Felix 57'), Mykhailo Mudryk.

Pemain Cadangan: Cesar Azpilicueta, Joao Felix, Pierre-Emerick Aubameyang, Mateo Kovacic, Hakim Ziyech, Marc Cucurella, Mason Mount, Reece James, Edouard Mendy.

Pelatih: Frank Lampard

Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Robert Sanchez; Joel Veltman (Julio Enciso 28'), Lewis Dunk (c), Adam Webster (Jan-Paul van Hecke 86'), Pervis Estupinan; Pascal Gross, Moises Caicedo; Solly March, Alexis Mac Allister, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson (Danny Welbeck 39').

Pemain Cadangan: Danny Welbeck, Thomas McGill, Julio Enciso, Facundo Buonanotte, Andrew Moran, Odeluga Offiah, Deniz Undav, Jan-Paul van Hecke, Billy Gilmour.

Pelatih: Roberto De Zerbi

Chelsea Brighton Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan