BolaSkor.com - Liverpool bergerak cepat mengamankan rekrutan anyar selepas musim 2021-2022 berakhir. Pasca merekrut Fabio Carvalho dari Fulham, The Reds sukses mengamankan servis Darwin Nunez dari Benfica. Kabar itu dikonfirmasi Benfica.

"Pada dini hari Senin ini (13/06), Sport Lisboa e Benfica – Futebol, SAD memberi tahu Komisi Pasar Sekuritas (CMVM) bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Liverpool FC untuk penjualan semua hak kepada pemain Darwin Nunez, sebesar 75 juta euro," demikian pernyataan dari laman resmi Benfica.

"Kepada CMVM, SAD Benfica juga menginformasikan bahwa perjanjian memberikan pembayaran remunerasi variabel, sehingga jumlah penjualan global dapat mencapai jumlah 100 juta euro."

Baca Juga:

Resmi, Benfica Umumkan Kepergian Darwin Nunez ke Liverpool

5 Fakta Menarik Tentang Calon Penyerang Baru Liverpool, Darwin Nunez

Bukan Lima Tahun, Liverpool Ikat Darwin Nunez hingga 2028

Dengan itu Liverpool arahan Jurgen Klopp mengamankan pemain untuk jangka panjang mengingat usianya baru berumur 22 tahun. Selain itu Nunez juga penyerang tajam.

Musim lalu Nunez mencetak 34 gol dari 41 laga di seluruh kompetisi serta memberikan empat assists. Dia jadi pemain U-23 tertajam di lima liga top Eropa dan dua gol di antaranya dicetak ke gawang Liverpool di Liga Champions.

Keberadaanya dalam skuad Liverpool menambah panjang daftar pemain asal Amerika Selatan dalam sejarah klub. Saat ini saja mereka punya Alisson Becker, Fabinho, Roberto Firmino, dan Luis Diaz di dalam tim.

Cerita kesuksesan mereka dengan Liverpool tak perlu diragukan lagi, begitu juga dengan kontribusi mereka. Selain nama-nama itu ada juga pemain Amerika Selatan lainnya yang pernah membela Liverpool. Berikut BolaSkor menuturkan pemain-pemain tersebut begitu juga dengan rating mereka.

1. Luis Suarez

Tiga tahun membela Liverpool (2011-2014) dengan catatan 132 penampilan, 82 gol, dan 53 assists. Dari segi raihan trofi, Luis Suarez hanya memenangi satu titel Piala Liga tapi memang demikian adanya.

Liverpool tak memenangi titel liga selama 30 tahun lamanya sebelum Jurgen Klopp datang, tak ayal sulit menilai pemain dari catatan itu.

Akan tapi dari kontribusi yang diberikan, Suarez memberikannya dengan signifikan. Bahkan El Pistolero nyaris memberikan titel Premier League pada musim 2013-2014 dan saat itu ia dalam kondisi prima dalam urusan mencetak gol.

31 gol dicetaknya dari 33 laga Premier League kala itu. Tak diragukan lagi, penyerang asal Uruguay ada di daftar teratas pemain dengan rating tinggi dalam berkontribusi di Liverpool.

2. Javier Mascherano

Pernah membela Liverpool pada medio 2007-2010. Javier Mascherano direkrut dari West Ham United, kemudian bermain di Barcelona pasca pergi dari Liverpool dan pensiun pada 2020 dengan Estudiantes.

Mascherano adalah definisi petarung yang sesungguhnya. Dikenal lugas dalam mengambil keputusan, disiplin dalam bertahan, dan serba bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Mascherano memiliki 139 penampilan dengan Liverpool dengan catatan dua gol dan tujuh assists. Pemain berpaspor Argentina layak diberi nilai tujuh hingga delapan atas kontribusinya di Liverpool.

3. Lucas Leiva

Loyalitasnya untuk Liverpool tak perlu dipertanyakan lagi. Lucas Leiva membela The Reds selama 10 tahun atau satu dekade (2007-2017). Lucas kemudian memperkuat Lazio dari 2017-2022 dan saat ini tak memiliki klub.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, peran Lucas tidak terlalu terlihat namun diapresiasi oleh rekan setimnya. Lucas punya 346 penampilan dengan catatan tujuh gol dan 21 assists. Layak disebut legenda? Dengan loyalitasnya itu ia layak menerimanya meski minim trofi.

4. Philippe Coutinho

Gelandang serang asal Brasil punya catatan 54 gol dan 46 assists dari 201 penampilan untuk Liverpool. Kontribusinya memang besar di sana sebagai pengatur serangan sekaligus pencetak gol Liverpool.

Coutinho (30 tahun) saat ini membela Aston Villa setelah jadi pemain flop di Barcelona. Dia memperkuat Liverpool pada medio 2013-2018. Coutinho layak mendapatkan nilai delapan atas kontribusinya di Liverpool.

Selain nama-nama di atas pemain lain yang juga pernah memperkuat Liverpool dan punya catatan di atas 25 penampilan seperti Mark Gonzalez, Emiliano Insua, Fabio Aurelio, dan Maxi Rodriguez.