Datangkan Erling Haaland Bukan Sekadar Mimpi bagi Barcelona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 19 Maret 2021
Datangkan Erling Haaland Bukan Sekadar Mimpi bagi Barcelona
Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Erling Haaland menjadi salah satu target utama Barcelona di bawah kepemimpinan presiden baru, Joan Laporta. Sosok penyerang berkebangsaan Norwegia itu bukan cuma sekadar mimpi bagi Blaugrana.

Krisis finansial yang tengah melanda membuat Barcelona diragukan mampu membajak Haaland dari Borussia Dortmund. Pemain berusia 20 tahun itu memang memiliki banderol lebih dari 100 juta euro.

Barcelona juga mendapat saingan berat dari klub-klub top Eropa lainnya. Hal ini membuat peluang Haaland merapat ke Camp Nou relatif kecil.

Baca Juga:

Demi Erling Haaland, Liverpool Tega Jual Mo Salah atau Sadio Mane

John Murtough Mulai Beraksi, Pemain Incaran Man United Terkuak

Thomas Tuchel Tanggapi Isu Ketertarikan Chelsea kepada Haaland

Carlos Tusquets

Namun sebuah angin segar coba dihembuskan mantan presiden interim Barcelona, Carlos Tusquets. Ia menilai El Barca di bawah kepemimpinan Laporta punya kapasitas untuk mewujudkan transfer ini.

"Jika langkah-langkah finansial diambil secara tepat, akan memungkinkan untuk mendatangkan pemain seperti Haaland atau pemain mana pun yang diinginkan klub," kata Tusquets kepada Cadena SER.

Tusquets memang membeberkan sejumlah cara yang bisa ditempuh Barcelona untuk mendapatkan dana belanja yang besar. Salah satunya yaitu dengan memangkas gaji para pemainnya.

Menurutnya, jumlah pengeluaran Barcelona jadi sektor gaji sudah menyentuh angka 90 persen. hal ini menurutnya sudah melewati batas aman yang ditetapkan UEFA yaitu mencapai 70 persen.

Cara lain yang bisa ditempuh Barcelona adalah melepas bintang-bintangnya yang sudah mendekati masa penghujung karier. Itu artinya, nama-nama seperti Lionel Messi hingga Gerard Pique bisa dikorbankan.

“Fungsi lain yang harus dilakukan klub adalah menjual pemain, meremajakan skuat dan menjalankan operasi Perusahaan Barça," tambahnya.

Dukung Koeman

Dalam kesempatan yang sama, Tusquets juga memberikan dukungannya kepada Ronald Koeman. Posisi pria berkebangsaan Belanda itu sebagai pelatih Barcelona memang sempat digoyang.

Hal itu tak lepas dari performa tak konsisten Barcelona sepanjang musim ini. Namun Koeman secara perlahan mampu menjawab keraguan tersebut.

Menurut Tusquets, tak seharusnya Koeman dihakimi secara dini. Mantan pelatih Everton itu sudah berusaha keras menjaga level permainan Barcelona meski tak didukung dana transfer yang cukup.

“Saya ingin dia melanjutkan pekerjaannya. Dia adalah pria pemberani, mencintai klub ini dan dia yang pertama mengatakan bahwa kami harus membayarnya ketika kami bisa," kata Tusquets lagi.

"Ini sangat membantu dalam negosiasi dengan para pemain. Dia memahami bahwa kami sedang mengubah siklus dan dia adalah arsitek perubahan ini."

Erling Haaland Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan