BolaSkor.com - Piala Eropa 2020 akan berlangsung dari Juni hingga Juli mendatang di kala pandemi virus corona masih mewabah di dunia. Delapan dari total 12 kota yang akan menjadi tuan rumah telah menyatakan kesiapannya menghadirkan penonton pada pertandingan.

Seperti diketahui kehidupan new normal membuat adanya peraturan agar penonton tidak hadir dalam stadion demi mematuhi aturan protokol kesehatan. Itu dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19.

Piala Eropa 2020 seyogyanya berlangsung pada 2020 namun karena pandemi virus corona turnamen ditunda dan baru akan berlangsung tahun ini. UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa masih menanti keputusan negara-negara tuan rumah terkait kemungkinan mereka menghadirkan penonton di stadion.

Baca Juga:

Nasib Malang Bintang Roma, Dua Kali Gagal Main di Piala Eropa

Piala Eropa 2020 - Peraturan UEFA Mengenai Pergantian Pemain dan Penonton

Joachim Low Jamin Posisi Kroos di Piala Eropa 2020

Trofi Piala Eropa 2020

Hal itu akan memengaruhi keputusan UEFA untuk memilih tuan rumah. Dikutip dari BBC Sport delapan dari 12 tuan rumah sudah menyatakan kesiapannya menghadirkan penonton, sementara empat lainnya yakni Munchen, Roma, Bilbao, dan Dublin belum merespons dan diberi tenggat waktu hingga 19 April 2021.

Adapun ke-12 tuan rumah itu adalah London, Glasgow, Dublin, Amsterdam, Copenhagen, Saint Petersburg, Bilbao, Munchen, Budapest, Baku, Roma, dan Bucharest.

Budapes membidik target kapasitas penuh di stadion, sedangkan Baku dan Saint Petersburg telah mengonfirmasi 50 persen kapasitas, meski Ibu Kota Rusia itu berharap masih dapat menaikan persentase tersebut.

"UEFA ingin menyampaikan penghargaannya kepada asosiasi anggotanya serta otoritas nasional dan lokal yang bekerja sama erat dalam memastikan kepulangan penonton yang aman ke stadion," tutur pernyataan dari UEFA.