Demi Kebaikan Pemain, Jurgen Klopp Berharap Perubahan Regulasi Premier League

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 20 November 2020
Demi Kebaikan Pemain, Jurgen Klopp Berharap Perubahan Regulasi Premier League
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Manajer Liverpool Jurgen Klopp menjadi salah satu pelatih yang memberikan suaranya terkait perubahan regulasi di Premier League. Salah satu hal yang paling diinginkannya adalah aturan pergantian pemain.

Musim ini situasinya berbeda dari musim-musim sebelumnya. Pandemi virus corona memadatkan jadwal dari jeda musim lalu yang tidak banyak hingga dimulainya musim ini. Tak ayal angka cedera pemain-pemain Premier League meningkat.

Liverpool jadi salah satu klub yang paling parah dilanda cedera yang khususnya menimpa lini belakang dari cedera Virgil van Dijk, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, Andrew Robertson, hingga Rhys Williams.

Tak ayal Klopp juga setuju dengan manajer lainnya untuk mengubah regulasi Premier League, termasuk memperbolehkan pelatih atau manajer melakukan lima pergantian pemain seperti di akhir musim lalu.

Baca Juga:

Liverpool Dianggap Punya Cristiano Ronaldo Baru

Nekat, Liverpool Tak Jadi Beli Bek Baru

Virus FIFA, Daftar Cedera Pemain Liverpool Bertambah

Jurgen Klopp

"Ya (lima pergantian pemain). Sebelum musim dimulai, beberapa orang mengira itu akan menjadi keuntungan bagi kami, orang-orang yang mengatakan kami harus tetap pada lima pergantian pemain," tutur Klopp dikutip dari Goal.

"Tapi itu tidak pernah - dan saya bisa menjanjikan ini, saya seorang Kristen - tidak sedetik pun tentang memiliki keuntungan. Semua negara lain melakukannya. Italia - Juventus, Inter Milan, mereka memiliki skuad terbesar, tetapi klub lain tetap berkata, 'Kami membutuhkan lima pemain pengganti."

"Kemarin enam manajer berubah pikiran. Kami membutuhkannya. Untuk para pemain, bukan klub. Desember dan Januari di musim normal itu brutal. Kami tahu itu. Tapi tahun ini, untuk klub Liga Champions dan Liga Europa, Oktober seperti Desember. November seperti Desember. Desember tetap Desember, lalu Januari, lalu Februari."

"Ini bukan tentang saya. Ini bukan tentang Liverpool. Ini tentang kesejahteraan pemain. Tidak ada yang lain. Masalahnya adalah jika Anda bertanya kepada para pemain, mereka berkata, 'Saya baik-baik saja!' Karena para pemain - dan Anda sendiri - selalu ingin bermain. Selalu. Sampai mereka cedera. Mereka bukan sumber terbaik."

"PFA seharusnya tidak bertanya kepada para pemain, 'Bagaimana menurut Anda?' Ini masuk akal. LMA tidak perlu bertanya kepada manajer apa yang kami pikirkan karena masalahnya jelas. Buat keputusan. Lima atau tiga? Solusi terbaik adalah lima. Lakukan," tegas Klopp.

Dengan adanya lima pergantian pemain memungkinkan manajer merotasi pemain dan mengistirahatkan pemain-pemain yang sering tampil. Setidaknya hal tersebut dapat mengurangi potensi cedera di tengah jadwal padat.

Breaking News Jurgen Klopp Liverpool Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan