Dengan Format Baru, Liga Super Eropa Siap 'Bangkit dari Kubur'

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 03 Maret 2022
Dengan Format Baru, Liga Super Eropa Siap 'Bangkit dari Kubur'
Liga Super Eropa (Twitter)

BolaSkor.com - Wacana menggelar Liga Super Eropa siap dihidupkan kembali dalam waktu dekat. Dengan format baru, kompetisi tandingan Liga Champions tersebut berharap bisa bangkit dari kubur.

Hampir setahun lalu, Liga Super Eropa membuat gempar pecinta sepak bola. Sebanyak 12 klub besar benua biru sepakat menggelar kompetisi sendiri di luar naungan UEFA.

Tujuan Liga Super Eropa adalah menghadirkan lebih banyak laga yang melibatkan tim besar. Mereka juga tak suka dengan sejumlah kebijakan UEFA.

Baca Juga:

Belum Berakhir, 3 Klub Liga Super Eropa Agendakan Laga Uji Coba

Dukung Liga Super Eropa, Kapten Juventus Juga Setuju Pengurangan Tim di Serie A

Liga Super Eropa: UEFA Batal Hukum Juventus, Real Madrid, dan Barcelona

Namun kompetisi ini pada akhirnya layu sebelum berkembang. Sembilan pelopor yaitu Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, AC Milan, Inter Milan, dan Atletico Madrid memilih mundur karena diprotes oleh suporternya.

Pendiri Liga Super Eropa pun kini hanya tersisa tiga yaitu Juventus, Real Madrid, dan Barcelona. Namun kondisi ini tak menyurutkan langkah mereka untuk menghadirkan kompetisi impian.

Menurut laporan La Gazzetta dello Sport, proyek Liga Super Eropa akan kembali dijalankan dalam waktu dekat. Petinggi Liga Super Eropa sekaligus presiden Juventus, Andrea Agnelli akan membeberkan pada ajang Business of Football Summit hari ini.

Agnelli punya cara baru untuk membuat Liga Super Eropa lebih diterima. Salah satunya yaitu dengan mencontoh format UEFA Nations League.

Nations League merupakan kompetisi baru antarnegara Eropa bikinan UEFA. Ajang ini dibagi ke dalam beberapa kasta dengan sistem promosi dan degradasi.

Tim-tim kuat berada di divisi teratas dan terbagi ke dalam empat grup. Duel antar sesama tim besar pun lebih sering terjadi.

Liga Super Eropa ingin menerapkan format yang sama. Nantinya akan ada 24 klub yang mendapat akses langsung ke kompetisi ini setiap musim berdasarkan performa di musim sebelumnya.

Sementara delapan klub tambahan juga akan diajak berpartisipasi dari hasil di liga domestik. Rincian terkait format baru tersebut akan diumumkan ke publik dalam waktu dekat.

Liga Super Eropa Juventus Real Madrid Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan