BolaSkor.com - Chelsea mengawali langkahnya di babak 16 besar Liga Champions 2020-2021 dengan gemilang. The Blues sukses mengalahkan Atletico Madrid pada leg pertama meski bertindak sebagai tuan rumah.

Dalam laga yang berlangsung di Arena Nationala, Rabu (24/2) dini hari WIB, Chelsea menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan klub asal London itu dicetak oleh Olivier Giroud dengan cara yang spektakuler.

Giroud membobol gawang Atletico pada menit ke-68 lewat tendangan salto. Wasit harus meminta bantuan VAR untuk mengesahkan gol ini setelah sang penyerang sempat dianggap terjebak dalam posisi offside.

Baca Juga:

Atletico Madrid 0-1 Chelsea: Gol Salto Giroud Bungkam Los Rojiblancos

Luis Suarez yang Kurang Tajam di Hadapan Chelsea

Nostalgia - Ketika 'Taring' El Tigre Mengoyak Chelsea

Gol akrobatik Olivier Giroud ke gawang Atletico Madrid

Chelsea memang tampil lebih baik dalam pertandingan ini. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola dan membuat Atletico gagal melepaskan satu pun tembakan ke gawang.

Hal ini tentu cukup mengejutkan mengingat Atletico berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara LaLiga. Sang manajer, Thomas Tuchel pun tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya.

"Hasil yang fantastis, gol yang luar biasa., dan hasil yang sangat pantas. Kami mendominasi di area lawan, tidak pernah kehilangan konsentrasi, tidak melakukan kesalahan yang mudah dan selalu waspada terhadap serangan balik cepat untuk semua kualitas mereka," kata Tuchel usai pertandingan.

"Itu adalah penampilan yang sangat disiplin. Ini adalah kerja keras tim untuk kemenangan besar."

Kemenangan ini memperbesar peluang Chelsea untuk lolos ke fase selanjutnya. Mereka hanya butuh hasil imbang pada pertemuan kedua untuk menyingkirkan Atletico dan selangkah lebih dekat dengan trofi.

Sejumlah fakta menarik juga mengiringi kemenangan Chelsea kontra Atletico. Berikut ini tujuh di antaranya:

1. Thomas Tuchel menjadi manajer ketiga Chelsea yang memenangkan pertandingan Liga Champions pertamanya saat turnamen ini memasuki sistem gugur. Ia mengikuti jejak Roberto Di Matteo dan Guus Hiddink.

2. Atletico Madrid tak mampu melepaskan satu pun tembakan tepat sasaran melawan Chelsea. Ini pertama kalinya mereka gagal melakukan hal itu di Liga Champions sejak Maret 2019 kontra Juventus.

3. Olivier Giroud telah mencetak enam gol di Liga Champions musim ini yang merupakan rekor gol terbaiknya di turnamen ini dalam satu musim kompetisi.
Giroud juga menjadi pemain tertua yang mencetak gol di fase gugur Liga Champions untuk Chelsea dengan usia 34 tahun dan 146 hari.

4. Giroud juga menjadi pemain ketiga yang mampu menjebol gawang Atletico Madrid asuhan Diego Simeone di fase gugur Liga Champions. Dua nama sebelumnya adalah Ricardo Kaka dan Isco.

5. Kiper Chelsea, Edouard Mendy mencatatkan clean sheet kelimanya di Liga Champions 2020-2021. Jumlah tersebut yang terbanyak dilakukan seorang penjaga gawang di Liga Champions musim ini.

6. Kartu kuning Mason Mount setelah 55 detik menjadi kartu tercepat yang dikeluarkan wasit di Liga Champions musim ini.

7. Thomas Tuchel menjadi manajer kedua dalam sejarah Liga Champions yang mengelola dua klub berbeda dalam satu musim yang sama. Sebelumnya, hanya Ronald Koeman yang melakukan hal tersebut pada musim 2007-08 bersama PSV Eindhoven dan Valencia.