BolaSkor.com - Sudah 52 gol lewat sepakan bebas langsung dibuat Lionel Messi sepanjang kariernya, 46 bersama Barcelona dan enam untuk tim nasional Argentina. Musim 2019-20 sudah empat gol datang dari tendangan bebas. Bahkan dua dari empat sepakan bebas itu dicetaknya dalam satu laga, ketika Barcelona menang 4-1 atas Celta Vigo, Minggu (10/11) di Camp Nou.

Pada laga melawan Celta, Lionel Messi mencetak hat-trick, semua lewat bola mati, dua tendangan bebas dan satu dari titik putih. Lionel Messi membuat dua gol sepakan bebas yang identik, dari jarak sudut, dan arah bola.

Baca Juga:

Performa Menurun, Barcelona Dinilai Tengah Memasuki Fase Akhir Sebuah Era

Ditahan Slavia Praha, Barcelona Dianggap Terlalu Mengandalkan Lionel Messi

Lionel Messi Tolak Ajakan Cristiano Ronaldo Tinggalkan Barcelona

Tidak pelak, Messi kini disejajarkan dengan para spesialis sepakan bebas terbaik sepanjang masa macam Juninho Pernambucano dan Andrea Pirlo.

Keesokan harinya, harian Sport memasang judul "Satu Lagi Pelajaran Bola Mati dari Messi" di halaman pertama. Ya, Messi memang seperti memberi pelajaran bagaimana mengeksekusi sepakan bebas yang baik dan benar.

Tidak banyak yang mengetahui, selain talenta dan bakatnya luar biasa, Messi sebenarnya adalah murid yang cerdas. Dia mau menerima masukan atau saran dari luar, terutama pemain yang dikaguminya.

Bukan rahasia lagi, saat pertama kali bergabung dengan skuat utama Barcelona, Ronaldinho merupakan sosok yang berjasa bagi Messi. Bintang asal Brasil itu langsung menjadi mentor sekaligus sahabat bagi Messi muda yang sangat pemalu dan introvert.

Di lapangan latihan, Ronaldinho juga menjadi guru sekaligus pelatih pribadi Messi. Selain Ronaldinho, Messi juga beruntung sempat merasakan berlatih gelandang asal Portugal, Deco.

Memang pada akhirnya Ronaldinho dan Deco pergi saat Pep Guardiola datang pada 2009. Tidak sedikit yang bersyukur Ronaldinho dan Deco pergi karena dinilai bisa menjadi pengaruh buruk bagi Messi lewat kebiasaan mereka berpesta dan kehidupan malam.

Di sisi lain, sejatinya Messi kehilangan sosok terdekat di Barcelona. Positifnya, meski tidak terlalu lama bersama, Ronaldinho dan Deco secara langsung atau tidak memiliki andil di balik kepiawaian Messi mengeksekusi tendangan bebas.

Saat masih bersama tim muda Barcelona, Messi tidak diberi kepercayaan untuk mengambil bola mati. Pelatih lebih menugaskan itu kepada Juanjo Clausi dan Victor Vazquez. Setelah sering berlatih bersama Ronaldinho dan Deco, Messi mulai berlatih sepakan bebas. Seperti yang disarankan Ronaldinho dan Deco, Messi berlatih telanjang kaki tanpa sepatu.

"Dengan begitu dia bisa mengontrol sentuhan untuk bisa memberi efek dan tenaga pada bola," tulis David Salinas dalam kolomnya di Sport.

"Messi dilahirkan dengan talenta yang luar biasa besar. Meski begitu Messi selalu ingin menjadi lebih baik dengan berada di sekutar para master, seperti Ronaldinho dan Deco," lanjut Salinas.

Mendapatkan ilmu dari pemain sekaliber Ronaldinho dan Deco dinilai masih kurang, Messi pun mengorek trik dari lagenda Argentina, Diego Maradona. Saat Maradona menjadi pelatih timnas Argentina di Piala Dunia 2010, Messi menganggap sang legenda sebagai guru.

"Taruh bola di sini dan dengarkan. Jangan ayunkan kaki terlalu cepat ke arah bola, karena dia (bola) tidak akan tahu apa yang kamu mau," ujar Maradona kepada Messi seperti dikisahkan Fernando Signorini, pelatih fisik Argentina saat itu.

Signorini menambahkan, sepanjang turnamen Maradona bahkan menurunkan "rahasia" eksekusi bola mati, sepakan bebas, penalti, dan ilmu-ilmu lain miliknya kepada Messi. Sejak mendapatkan ilmu dari Maradona, sang murid (Messi) mulai berubah menjadi master.

Hingga saat ini Messi sudah mencetak 612 gol bersama Barcelona dari 698 laga, termasuk 46 hat-trick dan 46 gol sepakan bebas, serta 72 penalti.