BolaSkor.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, tidak bisa memastikan apakah Shayne Pattynama bisa memperkuat Timnas Indonesia atau tidak di Piala AFF 2022.

Indra Sjafri mengatakan, nasib Shayne Pattynama tergantung dari kelanjutan proses naturalisasi yang akan dijalani pemain Viking FK tersebut.

Setelah permohonan pemberian kewarganegaraan Indonesia (WNI) terhadap Pattynama disetujui paripurna DPR-RI pada Kamis (17/11), pemain Viking FK itu kini tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden atau Keppres dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah Keppres diterbitkan, Shayne Pattynama akan diambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia atau WNI. Proses terakhir adalah perpindahan asosiasi dari negara asal Shayne Pattynama (Belanda,KNVB) ke PSSI.

"Kita lihat proses nanti. Masih ada dua tahapan lagi yang kita lalui," kata Indra Sjafri.

Baca Juga:

Sandy Walsh, Jordi Amat sampai Hansamu Yama Masuk Skuat Timnas Indonesia Persiapan Piala AFF 2022

Shin Tae-yong Bertolak ke Inggris, Temui Klub Elkan Baggott demi Piala AFF 2022

PSSI Daftarkan 65 Pemain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Di sisi lain, Indra Sjafri juga tidak mau berspekulasi soal peluang Jordi Amat dan Sandy Walsh tampil di Piala AFF 2022 yang akan berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Jordi Amat dan Sandy Walsh kini hanya tinggal menunggu dokumen perubahan asosiasinya disahkan oleh FIFA supaya bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Dokumen perpindahan asosiasi Jordi Amat didapatkan PSSI dari RFEF (federasi sepak bola Spanyol) sedangkan Sandy Walsh dari KNVB (federasi sepak bola Belanda).

Nah, proses perpindahan asosiasi sebelumnya ke asosiasi baru di FIFA ini biasanya memakan waktu satu sampai dua pekan.

"Saya enggak bisa berandai-andai. Saya selalu bekerja. Kalau sudah oke, baru kita bilang oke," ujar Indra Sjafri.