Efek Virus Corona, Daya Beli Klub-klub Premier League Diprediksi Menurun

Arief HadiArief Hadi - Senin, 20 April 2020
Efek Virus Corona, Daya Beli Klub-klub Premier League Diprediksi Menurun
Premier League (Twitter)

BolaSkor.com - Mantan Direktur Olahraga Liverpool dan Tottenham Hotspur Damien Comolli khawatir dengan efek yang ditimbulkan virus corona kepada klub-klub Premier League, khususnya di bursa transfer pemain.

Kekhawatiran itu ada pada daya beli klub-klub Inggris apabila corona sudah mulai mereda dan sepak bola dilangsungkan kembali. Bursa transfer musim panas sedianya berlangsung setelah musim berakhir dan menuju musim baru.

Akan tapi karena situasi khusus ini akibat virus corona, liga-liga dan kompetisi Eropa tak melanjutkan musim 2019-20. Tak ada jaminan pasti juga kapan liga akan kembali bergulir karena wabah itu masih menyebar di dunia.

Imbas dari virus corona itu berdampak pada finansial klub yang tak memiliki penghasilan dari penjualan tiket stadion, merchandise, dan hak siar televisi. Menjual pemain andalan dan memotong gaji pemain jadi solusi untuknya.

Baca Juga:

Aksi Tepuk Tangan Bintang Sepak Bola Dunia untuk Petugas Medis

Pemain dan Staf Pelatih AS Roma Relakan Empat Bulan Gaji demi Bantu Klub

Harga Kylian Mbappe Diprediksi Turun hingga 40 Juta Euro Pasca Pandemi Virus Corona

Ilustrasi fans di Inggris kenakan masker untuk mengantisipasi virus corona

Hal itu dikhawatirkan Comolli berdampak pada daya beli klub di bursa transfer. Usai berbicara dengan salah satu agen pemain Eropa, Comolli menilai hanya ada tiga klub Premier League yang dapat membeli pemain di bursa transfer musim panas nanti. Sisanya bisa jadi menggunakan skema pinjaman.

"Suatu hari agen mengatakan kepada saya, bahwa sebenarnya hanya ada tiga klub di Premier League yang dapat menghabiskan uang pada musim panas mendatang di jendela transfer pemain," terang Comolli kepada Sky Sports.

"Saya tidak tahu apakah ini benar, tetapi biasanya ketika agen memberitahu Anda hal-hal seperti ini, mereka biasanya mendapatkan informasi."

"Kita mungkin melihat sangat sedikit aktivitas transfer, kita mungkin melihat pertukaran pemain, kkita mungkin melihat pinjaman dan saya pikir kita akan melihat penurunan besar dalam biaya transfer dan aktivitas transfer, setidaknya transfer yang melibatkan uang."

"Semakin lama krisis ini berlangsung, semakin banyak klub akan berada dalam situasi yang sulit secara finansial. Hal pertama yang akan terpengaruh adalah remunerasi pemain, yang kedua adalah biaya transfer," tutur Comolli.

Meski tidak menyebutkan secara terperinci ketiga klub tersebut, disinyalir klub yang dimaksud adalah Manchester City, Chelsea, dan Manchester United. Tiga klub dengan kekuatan finansial mumpuni.

Breaking News Premier League Virus Corona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan