Erling Haaland yang Mulai Tumpul

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 18 Januari 2023
Erling Haaland yang Mulai Tumpul
Erling Haaland (Twitter)

BolaSkor.com - Ketajaman Erling Haaland bersama Manchester City tiba-tiba saja menurun drastis. Hal ini tentu ada penyebabnya.

Haaland kini masih memimpin daftar top skorer Premier League 2022-2023 dengan koleksi 21 gol. Padahal ia baru tampil 17 kali.

Namun Haaland belum mampu mencetak gol lagi usai pergantian tahun. Padahal ia sudah memainkan tiga laga di semua kompetisi.

Haaland tak bisa berbuat banyak saat Manchester City bertandang ke markas Chelsea, Southampton dan Manchester United. Padahal dirinya tampil penuh sepanjang 90 menit.

Baca Juga:

Presiden Barcelona Bicara soal Bernardo Silva dan Erling Haaland

Chelsea Vs Manchester City: Sulit untuk Tidak Mewaspadai Erling Haaland

Cetak 20 Gol dalam 14 Penampilan, Erling Haaland di Jalur Pemecahan Rekor

Pada laga kontra Chelsea, 5 Januari silam, Haaland masih mampu melepaskan tiga tembakan meski tidak ada yang mengarah ke gawang. Beruntung Manchester City masih meraih kemenangan lewat gol tunggal Riyad Mahrez.

Haaland kembali mati kutu saat Manchester City menyambangi markas Southampton pada perempat final Piala Liga, enam hari berselang. Tampil sebagai pengganti pada menit ke-56, pemain berkebangsaan Norwegia itu hanya enam kali menyentuh bola dan melepaskan satu tembakan yang tak akurat.

Performa Haaland tak kunjung membaik saat melakoni Derby Manchester, akhir pekan lalu. Dirinya hanya membuat 20 sentuhan dan satu tembakan yang tidak mengarah ke gawang.

Klub-klub Premier League tampaknya sudah tahu cara meredam ketajaman Haaland. Hal itu turut diamati oleh mantan bintang Manchester United, Rio Ferdinand.

"Kita melihat dari beberapa pertandingan terakhir termasuk melawan Everton, (Ben) Godfrey benar-benar agresif terhadap Haaland. Ini adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan padanya," kata Ferdinand kepada BT Sport.

“Dia memang mencetak gol di pertandingan itu (kontra Everton). Namun dia tampaknya tidak memiliki pengaruh seperti yang dia berikan di pertandingan-pertandingan sebelumnya."

Pada laga kontra Manchester United, Haaland menyadari dirinya di tempel ketat. Ia kemudian merespons dengan banyak menjemput bola ke lini tengah dan memanfaatkan ruang kosong dari garis pertahanan tinggi yang diterapkan lawan.

Namun usaha tersebut tak banyak membantu. Para rekan setimnya tetap kesulitan memberikan suplai bola yang matang.

Manajer Manchester United, Erik ten Hag, mengakui meredam ketajaman Haaland membutuhkan taktik khusus. Ia sedikit berbagi rahasia.

tentu saja para pemain kami yang berposisi bek tengah bertanggung jawab (mengawal Haaland). Saya pikir kami memiliki dua bek tengah yang sangat bagus dan berpengalaman dalam mengatur posisi serta mengantisipasi segala situasi," kata Ten Hag.

"Namun mereka tetap membutuhkan kerja tim untuk melakukan tugas itu."

Para rival Manchester City lain kemungkinan besar akan menempuh cara yang sama untuk mematikan Haaland. kejeniusan Pep Guardiola pun diuji untuk mencari solusinya.

Erling Haaland Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan