Everton 3-1 Chelsea: Debut Gemilang Big Dunc

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 07 Desember 2019
Everton 3-1 Chelsea: Debut Gemilang Big Dunc
Duncan Ferguson (twitter/everton)

BolaSkor.com - Everton memetik tiga poin pada debut Duncan "Big Dunc" Ferguson sebagai pelatih. The Toffees mengalahkan Chelsea 3-1 pada laga pekan ke-15 Premier League di Goodison Park, Sabtu (7/12) malam WIB.

Tiga gol Everton dicetak oleh Richarlison pada menit kelima dan Dominic Calvert-Lewin (49 dan 84). Sedangkan satu-satunya gol Chelsea disumbang Mateo Kovacic (52).

Ditangani Duncan Ferguson yang masuk sebagai pelatih sementara menggantikan Marco Silva yang dipecat, Everton menampilkan formasi 4-4-2. Ferguson memasukkan Morgan Schneiderlin dan Theo Walcott untuk membantu Gylfi Sigurdsson di lini tengah. Di lini depan Calvert-Lewin berduet dengan Richarlison. Di kubu lawan, Frank Lampard mempertahankan formasi yang menang atas Aston Villa di tengah pekan.

Baca Juga:

Membelot ke Rival Chelsea, Frank Lampard Sindir Jose Mourinho

Frank Lampard Nilai Manchester City Satu Tingkat di Atas Chelsea

The Blues Tanpa Kemenangan di Tiga Laga Beruntun

Chelsea berupaya mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Cesar Azpilicueta coba mengirim umpan ke kotak penalti namun hanya berbuah tendangan gawang.

Namun pada menit kelima tuan rumah membuat kejutan. Richarlison yang memenangkan duel dengan menanduk bola umpan silang Sidibe untuk menaklukkan Kepa Arrizabalaga.

Unggul satu gol membuat The Toffees, yang selalu kalah dalam tiga laga seblum ini, makin semangat. Pada menit ke-15, Dominic Calvert-Lewin melepaskan tembakan first time. Namun bola masih mengarah ke pelukan Kepa.

Chelsea mendapat dua peluang beruntun di menit 25 dan 26. Peluang pertama datang dari Reece James yang disusul Tammy Abraham. Namun dua peluang itu gagal berbuah gol.

Selang sepuluh menit kemudian, Chelsea kembali membuang peluang. Kali ini usaha Christian Pulisic digagalkan Mason Holgate. Hingga babak pertama berakhir Everton unggul 1-0.

Serupa di paruh pertama, Everton juga mampu mencetak gol cepat, tepatnya saat babak kedua berjalan empat menit. Kali ini gol Everton disumbang oleh Calvert-Lewin setelah mencuri bola dari Kurt Zouma.

Unggul dua gol tak membuat serangan Everton mengendur. Pada menit ke-51, tuan rumah nyaris menambah gol. Namun bola sepakan Ricarlison masih bisa diamankan Kepa.

Satu menit setelah peluang Everton, justru Chelsea yang mendapatkan gol lewat sepakan voli Mateo Kovacic dari luar kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-1.

Saat laga berjalan satu jam, Everton mencoba menambah keunggulan. Akan tetapi Kepa kembali menjadi penyelamat Chelsea setelah mengamankan usaha dari Walcott.

Peluang emas dibuang Chelsea pada menit 64. The Blues sejatinya bisa menyamakan skor jika Mason Mount lebih tengah mengeksekusi peluang dari jarak dekat.

Pada menit 72, Everton gagal menambah gol setelah pemain muda Tom Davies, yang menggantikan Richarlison, gagal mengarahkan sundulannya.

Meski lebih banyak menguasai bola, Chelsea masih kesulitan menembus pertahanan Everton. Saat laga tersisa sepuluh menit, The Blues makin menggencarkan serangan.

Upaya Chelsea nyaris berhasil pada menit 81. Sayang bola sepakan voli Mount dari umpan Azpilicueta masih diblok oleh bek Everton Mason Holgate.

Suporter tuan rumah kembali bersorak pada menit ke-84. Bukannya menyamakan kedudukan, Chelsea justru kebobolan. Gol Everton lahir lewat kaki Calvert-Lewin memanfaatkan situasi yang diawali kesalahan umpan dari Kepa.

Hingga laga usai, Everton mampu mempertahankan keunggulan 3-1. Kemenangan yang menjadi debut apik buat Duncan Ferguson dan Everton mengakhiri rentetan kekalahan mereka.

Dengan hasil ini, Everton keluar dari zona degradasi. Everton ke posisi ke-14 klasemen dengan 17 poin. Sementara Chelsea tak beranjak dari posisi keempat dengan 29 poin.

Susunan Pemain

Everton (4-4-2): Jordan Pickford (PG); Djibril Sidibe, Mason Holgate, Michael Keane, Lucas Digne, Theo Walcott (Bernard 87), Morgan Schneiderlin, Gylfi Sigurdsson, Alex Iwobi, Richarlison (Davies 70), Dominic Calvert-Lewin.

Chelsea (4-2-3-1): Kepa Arrizabalga (PG); Reece James (Batshuayi 81), Andreas Christensen, Kurt Zouma, Cesar Azpilicueta, Mateo Kovacic, N'Golo Kante, Willian (Hudson-Odoi 70), Mason Mount, Christian Pulisic, Tammy Abraham.

Premier League Chelsea Everton Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan