Fakta Unik di Balik Kembalinya Louis van Gaal ke Timnas Belanda

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 09 Oktober 2021
Fakta Unik di Balik Kembalinya Louis van Gaal ke Timnas Belanda
Louis van Gaal (twitter/OnsOranje)

BolaSkor.com - Louis van Gaal sukses menandai kembalinya sebagai pelatih timnas Belanda dengan kemenangan 1-0 atas Latvia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Sabtu (9/10) dini hari WIB. Momen yang bersejarah bagi sang pelatih.

Van Gaal, yang sebelumnya pernah dua kali menjadi pelatih Belanda tersebut, kini mencatatkan namanya dalam buku sejarah sebagai pelatih tertua yang pernah menangani De Oranje.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Argentina Imbang, Brasil Menang

Cerita Pengalaman Pemain Fiorentina Terjebak Kudeta Militer Guinea

Lionel Messi Sah Jadi Raja Gol Amerika Selatan

Saat Belanda menang 1-0 atas Latvia, Van Gaal berusia 70 tahun 2 bulan. Dia lebih tua 13 hari ketimbang Advocaat yang menjalani laga terakhir sebagai pelatih De Oranje pada 14 November 2017 di usia 70 tahun 1 bulan 18 hari.

Bagi Van Gaal, ini adalah ketiga kalinya membesut timnas Belanda. Sebelumnya, dia bertugas pada 7 Juli 2000 hingga 30 November 2001. Eks manajer Manchester United itu kembali dipercaya dari 1 Agustus 2012 hingga 13 Juli 2014.

Saat di tangannya Belanda menjadi peringkat ketiga pada Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan tuan rumah Brasil 3-0.

Yang menarik, dalam tiga kali penunjukkan, Van Gaal selalu mengusung misi yang sama. Van Gaal selalu dibebankan target meloloskan De Oranje ke putaran final Piala Dunia.

Pada edisi pertama, dia gagal meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2002 di Korsel dan Jepang. Sedangkan pada periode kedua, Van Gaal mampu meloloskan De Oranje ke Piala Dunia 2014 di Brasil dan meraih peringkat ketiga.

Kini, Van Gaal berpeluang kembali meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2022. Kemenangan 1-0 atas Latvia membuat Belanda menjadi pemucak klasemen Grup C dengan mengoleksi 16 poin.

Belanda masih menyisakan tiga pertandingan. De Oranje akan menghadapi Gibraltar pada Selasa (12/10/) dini hari WIB. Setelah itu, pada pertengahan November, mereka akan menjalani dua laga menentukan melawan Montenegro dan Norwegia.

Louis van Gaal Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan