BolaSkor.com - Persatuan Pemain Sepak Bola Profesional Dunia (FIFPro) menyatakan prihatin dan cemas melihat sejumlah klub yang telah mengusulkan atau bahkan sudah memberlakukan pemotongan gaji menyusul penghentian kompetisi yang disebabkan pandemi virus corona.

Dunia sepak bola terhenti oleh krisis virus corona dengan adanya penangguhan liga domestik dan kompetisi internasional seperti Piala Eropa 2020 dan Copa America.

Baca Juga:

Barcelona Berencana Datangkan Empat Pemain untuk Senangkan Lionel Messi

Kontrak di Barcelona Akan Habis, Ivan Rakitic Jadi Incaran Utama Atletico Madrid

Barcelona Pangkas Gaji Pemain dan Staf untuk Atasi Krisis Virus Corona

FIFPro dan afiliasi selama ini sudah menerima banyak permintaan bantuan dari para pemain sepak bola profesional terkait masalah upah.

Meskipun wacana pemotongan gaji didorong oleh kerja sama di tingkat internasional, FIFPro menyatakan prihatin karena sejumlah besar klub sudah memulai melepas pemain atau secara sepihak mengurangi gaji.

“Kami menyerukan kepada klub-klub yang kesulitan keuangan jangka pendek untuk bertemu dengan serikat pemain nasional untuk menegosiasikan pengaturan yang adil dan proporsional yang menghormati kewajiban hukum mereka,” demikian pernyataan FIFPro dikutip dari Reuters.

FIFPro menegaskan tidak semua pemain profesional bisa menikmati gaya hidup mewah. "Sebagian besar pemain sepak bola di luar liga terbesar dunia berpenghasilan di bawah pendapatan domestik rata-rata. Mereka akan sangat terpengaruh dengan penurunan gaji."