Final Piala Eropa 2020: Ingin Juara? Inggris Wajib Setop Jorginho

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 10 Juli 2021
Final Piala Eropa 2020: Ingin Juara? Inggris Wajib Setop Jorginho
Jorginho (twitter)

BolaSkor.com - Euforia publik Inggris membuncah ketika tim kesayangan mereka lolos ke final turnamen mayor untuk pertama kalinya sejak 1966. Kini, untuk menjadi sempurna, The Three Lions harus melewati Italia pada laga final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Senin (12/10) dini hari WIB.

Pertarungan diperkirakan bakal berjalan sengit. Pasalnya Italia sedang panas-panasnya. Performa Gli Azzurri menuju partai puncak tentu harus menjadi perhatian pelatih Inggris Gareth Southgate.

Satu hal yang mesti menjadi perhatian Southgate adalah sosok Jorginho di lini tengah Italia. Seperti pendapat dari eks Arsenal Paul Merson yang melihat potensi terbaik dari Italia adalah Jorginho.

Baca Juga:

Deretan Modal Italia Permalukan Inggris di Final

Piala Eropa 2020: Lakoni Final, Timnas Italia Diminta Bermain dengan Bahagia

Piala Eropa 2020: 4 Duel Kunci Italia Vs Inggris

Merson berharap pasukan Southgate, khususnya barisan gelandang, bisa menghentikan kreativitas gelandang Chelsea terebut.

"Jika ingin mengalahkan Italia, mereka harus menghentikan Jorginho," kata Merson dikutip dari Express.

Merson menilai alur serangan Italia mayoritas bermula dari Jorginho. Gelandang yang pernah berkostum Napoli tersebut juga memiliki mobilitas tinggi di atas lapangan.

"Dia mengendalikan permainan, lewat umpan-umpannya," ujar Merson.

Keberadaan gelandang kelahiran Brasil bersama Italia memang krusial. Tak cuma dalam membangun serangan atau saat membantu pertahanan, Jorginho juga selalu menjadi sosok kepercayaan untuk menjadi eksekutor penalti.

Sebelumnya, Jorginho juga menjadi momok yang menakutkan bagi Spanyol. Jelang laga, bek Spanyol Cesar Azpilicueta meminta timnya menghentikan Jorginho.

"Jorginho telah terbukti menjadi pemain penting bagi Italia. Dia memiliki kualitas penting, dia suka menjaga bola di kakinya dan mengontrol permainan. Jika kami membatasi keterlibatannya, kami akan memiliki lebih banyak peluang untuk lolos ke final," ujar Azpilicueta saat itu.

Spanyol pada akhirnya gagal lolos ke final setelah kalah adu penalti. Dan Jorginho menjadi eksekutor penalti penentu bagi Italia.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Piala Eropa 2020 Italia Inggris Jorginho Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan