Gagal Lewati Fase Grup Liga Champions, Kerugian Besar Menanti Barcelona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 13 Oktober 2022
Gagal Lewati Fase Grup Liga Champions, Kerugian Besar Menanti Barcelona
Barcelona 3-3 Inter Milan (Twitter)

BolaSkor.com - Perjalanan Barcelona pada Liga Champions 2022-2023 terancam terhenti di fase grup. Andai hal itu terjadi, kerugian besar sudah menanti Blaugrana.

Barcelona masih tertahan di peringkat ketiga grup C dengan dua laga tersisa. Hasil imbang 3-3 kontra Inter Milan di Camp Nou membuat peluang tim asuhan Xavi Hernandez untuk melaju ke fase gugur nyaris tertutup.

Barcelona saat ini baru mengemas empat poin hasil satu kali menang, satu kali imbang, dan dua kali kalah. Robert Lewandowski dan kawan-kawan tertinggal tiga poin dari Inter yang menduduki peringkat kedua.

Baca Juga:

Hasil Liga Champions: Barcelona Ditahan Inter, Liverpool Pesta Gol

Barcelona 3-3 Inter Milan: Xavi Hernandez Kibarkan Bendera Putih

Inter Milan di Ambang Melaju ke 16 Besar

Barcelona wajib menyapu bersih dua laga sisa untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Wakil Spanyol itu juga harus berharap Inter gagal meraih kemenangan dalam periode yang sama.

Masalahnya, skema tersebut nyaris mustahil terjadi. Itu karena Barcelona masih harus berhadapan dengan Bayern Munchen, dan Inter menantang Viktoria Plzen yang berstatus juru kunci.

Tak heran jika Xavi sudah mengibarkan bendera putih. Ia sadar peluang Barcelona untuk menyalip Inter sangat kecil.

Andai tertahan di peringkat ketiga, Barcelona harus terlempar ke ajang Liga Europa. Ini akan menjadi partisipasi kedua secara beruntun El Barca di kompetisi kasta kedua antarklub elite Eropa tersebut.

Menurut laporan Mundo Deportivo, Barcelona terancam kehilangan pendapatan sekitar 20 juta euro andai gagal lolos dari fase grup Liga Champions. Angka tersebut merupakan perkiraan dari jumlah keuntungan mereka dari hak siar, match fee, dan iklan sponsor.

Ironisnya, jumlah keuntungan tersebut tetap tidak bisa diganti meski Barcelona mampu menjuarai Liga Europa. Perbedaan pendapatan dari kedua kompetisi tersebut memang cukup jauh.

Ini tentu bukan berita baik bagi Barcelona. Apalagi klub asal Catalunya tersebut telah menghabiskan banyak uang untuk memperkuat tim jelang musim 2022-2023.

Kerugian akibat gagal lolos dari fase grup Liga Champions tentu diluar perkiraan Barcelona. Bukan tidak mungkin neraca keuangan mereka kembali bermasalah dan terpaksa kembali melepas sejumlah pemain bintang.

Barcelona Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan