BolaSkor.com - Grand Prix Formula 1 Monaco diputuskan dibatalkan. Ini merupakan pertama kalinya Monaco tidak menggelar GP Formula 1 sejak tak pernah absen dari 1955. Penyelenggara mengumumkan untuk membatalkan balapan sebagai imbas dari wabah virus corona (Covid-19).

Sebelumnya FIA dan Formula 1 menyatakan balapan di Monaco pada Mei 2020 ditunda, bersamaan dengan Grand Prix Belanda dan Spanyol yang dijadwalkan di bulan yang sama.

Baca Juga:

5 Rekomendasi Film untuk Pencinta Olahraga di Tengah Isolasi Mandiri dan Libur Kompetisi Akibat Virus Corona

Tanggapi Kasus Corona di McLaren, F1 GP Australia Dibatalkan

Virus Corona Buat Tim F1 Kerepotan

Namun Automobile Club de Monaco (ACM) memutuskan untuk sekalian membatalkan balapan ikonik di sirkuit jalan raya itu. Keputusan itu diumumkan pada hari yang sama ketika Pangeran Albert II dites positif terinfeksi virus corona.

Monaco, yang dijadwalkan menggelar grand prix pada 24 Mei 2020, pertama kali menggelar GP pada 1929, dan sejak 1955 tak pernah absen di kalender F1 tiap tahunnya.

ACM menggaris bawahi situasi global terkait pandemi COVID-19, ketidakjelasan dampaknya terhadap ajang Formula 1, serta partisipasi tim, juga kebijakan negara-negara di dunia yang melakukan karantina dan pembatasan menjadi beberapa alasan yang menyebabkan tidak mungkin terlaksananya balapan.

"Tak ada situasi yang memungkinkan lagi untuk menggelar ajang tahun ini," pernyataan ACM dikutip dari Reuters.

Grand Prix Azerbaijan pada 7 Juni 2020 kemungkinan akan menjadi seri pembuka F1 musim ini setelah tujuh seri awal terdampak. Sebelumnya, FIA telah memutuskan untuk memajukan sesi libur musim panas ajang Formula 1 yang biasanya berlaku pada Agustus, ke Maret dan April, dengan menambah durasi dari 14 hari menjadi 21 hari.