BolaSkor.com - Undian babak play-off zona Eropa Piala Dunia 2022 Qatar digelar pada Jumat (26/11). Hasilnya, Italia dan Portugal berpotensi saling jegal demi satu tiket ke kompetisi empat tahunan tersebut.

Italia harus melakoni babak play-off setelah hanya menempati posisi kedua pada kualifikasi. Padahal, Gli Azzurri adalah tim yang menyandang status juara Eropa.

Pemandangan tak jauh berbeda dialami Portugal. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kalah bersaing dengan Serbia yang bertengger di puncak klasemen babak grup.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris Mengamuk, Italia Ikuti Jejak Portugal

Cetak gol untuk Inggris, Selebrasi Maguire Picu Amarah Roy Keane

Seperti Portugal, 3 Tim Besar Masih Berpeluang Lakoni Playoff Piala Dunia 2022

Oleh karena itu, Italia dan Portugal bergabung dengan 10 tim lainnya untuk bersaing pada babak kualifikasi. Negara-negara lain itu adalah Austria, Ukraina, Wales, Skotlandia, Swedia, Polandia, Rusia, Turki, Makedonia Utara, dan Republik Ceko.

Pada babak ini, akan ada tiga tim yang berhak melenggang ke Qatar tahun depan. Sistem yang digunakan adalah semifinal dan final dengan satu leg yang dibagi menjadi tiga jalur, sesuai dengan jatah tiket tersisa. Pertandingan akan digelar pada pertengahan Maret 2022.

Pada bagan pertama, Wales akan bersua Austria. Sementara itu, Skotlandia akan saling sikut dengan Ukraina. Pemenang pada dua laga itu akan saling berhadapan untuk laga final.

Pada bagan berikutnya, Rusia akan menghadapi Polandia. Adapun, Swedia saling jegal dengan Republik Ceko. Seperti di atas, para pemenang akan saling berlaga untuk memperebutkan satu tiket babak grup Piala Dunia 2022.

Selanjutnya, Portugal akan melawan Turki pada semifinal. Sementara itu, Italia berduel dengan Makedonia Utara. Jika Italia dan Portugal sama-sama memenangi laga pada babak semifinal, keduanya akan saling berhadapan di laga final. Itu artinya, satu di antara Cristiano Ronaldo atau Jorginho tidak akan merasakan Piala Dunia 2022.