Hukuman Menanti, Skandal Barcelona Lebih Parah daripada Calciopoli

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 11 Maret 2023
Hukuman Menanti, Skandal Barcelona Lebih Parah daripada Calciopoli
Barcelona (Twitter Barcelona)

BolaSkor.com - Barcelona belum keluar dari krisis. Setelah masalah keuangan, kali ini Barca didakwa melakukan kecurangan dalam hal wasit. Bahkan, apa yang dilakukan Barcelona dianggap lebih buruk dari insiden Calciopoli yang pernah terjadi di Italia.

Jaksa penuntut umum Spanyol secara resmi telah melayangkan tuntutan kepada Barcelona atas pembayaran yang dilakukan kepada wakil presiden asosiasi wasit sepak bola Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira.

Negreira memegang peran tersebut dari 1994 hingga 2018. Sebagai alibi, Barcelona menjadikan Negreira sebagai konsultan eksternal yang memberikan laporan terkait perwasitan profesional.

Baca Juga:

Presiden Barcelona Ragu Bisa Pulangkan Lionel Messi

Barcelona Akan Lepas Striker pada Jendela Transfer Musim Panas 2023

Marco Asensio Siap Dengarkan Tawaran Barcelona

Namun, menurut jaksa penuntut, Barcelona membayar Negreira untuk mendapatkan keputusan dari wasit yang menguntungkan.

Mantan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, juga didakwa atas kasus korupsi. Total uang yang terlibat dalam kasus itu adalah 7,3 juta euro.

Menurut Football Italia, jika benar adanya, kasus ini lebih padah dari skandal Calciopoli yang terjadi di Serie A. Ketika itu, Juventus mendapatkan hukuman degradasi ke Serie B. Sementara itu, AC Milan, Lazio, dan Fiorentina mendapatkan pengurangan poin.

Sebab, pada kasus Calciopoli, tidak ada klub atau orang yang dituding melakukan korupsi menggunakan uang untuk mendapatkan keputusan wasit yang menguntungkan. Ketika itu, para pelaku hanya melakukan panggilan telepon untuk menunjuk wasit yang diminta menguntungkan.

Menarik ditunggu apakah Barcelona akan mendapatkan hukuman lebih parah dari yang diterima Juventus. Apalagi, ketika itu dua gelar juara Bianconeri juga dicabut.

Barcelona Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.530

Bagikan