BolaSkor.com - Tim nasional Italia tidak berdaya ketika menghadapi Spanyol usai kalah 1-2 pada laga semifinal UEFA Nations League 2021, di Stadion San Siro, Kamis (7/10) dini hari WIB. Itu adalah pembalasan dendam Spanyol usai dikalahkan pada semifinal Piala Eropa 2020.

Dibanding pertemuan pada Juli lalu di Piala Eropa 2020, Italia melakukan dua perubahan pada susunan pemain. Alessandro Bastoni dan Federico Bernardeschi masuk menggantkan Giorgio Chiellini dan Ciro Immobile.

Sementara itu, Luis Enrique memberikan kesempatan debut pada gelandang Barcelona, Gavi, yang baru berusia 17 tahun. Untuk menyerang, La Furia Roja mengandalkan ketajaman Pablo Sarabia, Ferran Torres, dan Mikel Oyarzabal.

Spanyol membuka keran gol pada menit ke-17 melalui striker Manchester City, Ferran Torres. Gol berawal dari tendangan Oyarzabal yang mengarah kepada Torres. Kemudian, Torres melepaskan tendangan voli yang masuk ke sudut kanan bawah gawang Italia.

Baca Juga:

Prediksi Italia Vs Spanyol: Aroma Balas Dendam

UEFA Nations League: Reputasi Italia Tak Ciutkan Nyali Luis Enrique

UEFA Nations League: Mancini Akui Level Spanyol di Atas Italia

Ketika berusaha membalas gol, Italia justru mendapatkan masalah pada menit ke-42. Leonardo Bonucci diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Sergio Busquets dalam duel udara. Italia pun harus melanjutkan laga dengan 10 pemain.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Spanyol. Sebelum turun minum atau tepatnya pada menit ke-45+2, Torres mencetak gol keduanya pada malam itu.

Gol kembali tercipta dari pergerakan Oyarzabal. Ia memberikan umpan silang yang diselesaikan dengan baik oleh Torres. Spanyol pun unggul 2-0.

Pada awal babak kedua, Mancini melakukan perubahan dengan memasukkan Chiellini menggantikan Bernardeschi. Italia bermain dengan taktik 5-3-1.

Meski demikian, Spanyol tetap menekan. Bahkan, La Furia Roja nyaris mencetak gol ketiga melalui Oyarzabal pada menit ke-63. Sayangnya, sundulan pemain Real Sociedad itu masih melebar ke sisi kiri.

Italia akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 usai Lorenzo Pellegrini mencetak gol pada menit ke-83. Federico Chiesa berperan sebagai pemberi umpan pada gol itu.

Namun, hingga peluit panjang, Italia gagal menambah gol. Spanyol pun menang 2-1 dan berhak melangkah ke final. Spanyol akan menantang pemenang duel Belgia kontra Prancis.

Rencananya, perebutan tempat ketiga digelar pada Minggu (10/10) di Allianz Stadium. Sementara itu, laga final akan dihelat pada Senin (11/10) dini hari WIB di San Siro.

Susunan pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci (c), Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella (Davide Calabria 72'), Jorginho (Lorenzo Pellegrini 64'), Marco Verratti (Manuel Locatelli 58'); Federico Chiesa, Federico Bernardeschi (Giorgio Chiellini 46'), Lorenzo Insigne (Moise Kean 58').

Pelatih: Roberto Mancini.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Marcos Alonso; Koke (Mikel Merino 75'), Sergio Busquets (c), Gavi (Sergi Roberto 84'); Pablo Sarabia (Bryan Gil 75'), Ferran Torres (Yeremi Pino 49), Mikel Oyarzabal.

Pelatih: Luis Enrique.