BolaSkor.com - Duel seru tersaji saat Jerman menantang Jepang pada laga perdana grup E Piala Dunia 2022. Lewat pertarungan sengit, Samurai Biru tampil sebagai pemenang.

Dalam laga yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11), Jepang menaklukkan Jerman dengan skor tipis 2-1. Kemenangan ini diraih lewat sebuah comeback yang melelahkan.

Jerman langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Thomas Muller dan kawan-kawan tak buang-buang waktu untuk mengurung pertahanan Jepang.

Baca Juga:

Prediksi dan Statistik Jerman Vs Jepang: Hilangkan Trauma Lawan Wakil Asia

Campur Aduk Perasaan Joshua Kimmich Bermain di Piala Dunia 2022

Frets Butuan Mantap Jagokan Timnas Jerman karena Pemain Bayern Munchen

Namun Jepang meladeninya dengan pertahanan solid dan serangan balik cepat. Samurai Biru bahkan sempat membobol gawang Jerman lewat sontekan Daizen Maeda pada menit kedelapan meski dianulir wasit karena offside.

Setelah itu, Jerman terus mendominasi penguasaan bola. Rapatnya pertahanan Jepang membuat Joshua Kimmich dan Ilkay Gundogan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti meski belum membuahkan hasil.

Jerman akhirnya bisa memecahkan keunggulan pada menit ke-33. Gundogan mencatatkan namanya di papan skor lewat titik penalti usai David Raum dilanggar Shuichi Gonda di kotak terlarang.

Pada masa injury time babak pertama, Jerman mampu menggandakan keunggulannya melalui sontekan Kai Havertz. Sayang, VAR menganulir gol ini karena offside dan membuat skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Usai turun minum, Jepang bermain lebih menyerang. Perubahan ini terbukti membuat Jerman kesulitan.

Jerman memang masih menguasai jalannya pertandingan. Gundogan juga kembali mendapat peluang emas saat tembakannya membentur tiang.

Namun Jepang secara perlahan mulai banyak menekan. Wakil Asia itu nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-73 andai Manuel Neuer tidak melakukan penyelamatan gemilang.

Jepang akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Sebuah bola rebound hasil tepisan Neuer mampu disambut Ritsu Doan dengan tembakan keras ke gawang yang sudah kosong.

Setelah menyamakan kedudukan, Jepang kian percaya diri. Sementara Jerman tampil di bawah tekanan.

Jepang akhirnya mampu membalikkan kedudukan pada menit ke-8. Takuma Asano yang masuk sebagai pengganti menaklukkan Manuel Neuer dari jarak dekat.

Gol ini tak lepas dari kejelian Ko Itakura melakukan eksekusi tendangan bebas cepat. Ia memberikan umpan panjang kepada Asano yang dalam posisi offside.

Pada waktu tersisa, Jerman berusaha keras menyamakan kedudukan. Sementara para pemain Jepang tampil tak kenal lelah untuk mempertahankan keunggulannya.

Jerman mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada masa injury time. Namun Leon Goretzka yang berdiri cukup bebas gagal melakukan tembakan dengan sempurna.

Skor 2-1 untuk kemenangan Jepang akhirnya bertahan hingga laga usai. Jerman mengikuti jejak Argentina yang kalah mengejutkan pada laga perdana fase grup.

Susunan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum; Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan (Leon Goretzka 67'); Serge Gnabry (Youssoufa Moukoko 90'), Thomas Muller (Jonas Hofmann 67'), Jamal Musiala (Mario Gotze 79'); Kai Havertz (Niclas Fullkrug 79').

Pelatih: Hansi Flick.

Jepang (4-2-3-1): Shuichi Gonda; Hiroki Sakai (Takumi Minamino 74'), Maya Yoshida, Ko Itakura, Yuto Nagatomo (Kaoru Mitoma 57'); Wataru Endo, Ao Tanaka (Ritsu Doan 70'); Junya Ito, Daichi Kamada, Takefusa Kubo (Takehiro Tomiyasu 46'); Daizen Maeda (Takuma Asano 57').

Pelatih: Hajime Moriyasu.