Jika Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Ditendang dari Liga Champions

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 27 Mei 2021
Jika Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Ditendang dari Liga Champions

BolaSkor.com - Polemik Liga Super Eropa belum berakhir. Juventus, Real Madrid, dan Barcelona yang masih bertahan di kompetisi tandingan Liga Champions tersebut segera menerima hukuman berat dari UEFA.

Sembilan klub di antaranya yaitu Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Tottenham Hotspur, Inter Milan, AC Milan, dan Atletico Madrid telah membatalkan partisipasi mereka di Liga Super. UEFA menyambut dengan tangan terbuka sembilan klub tersebut. Namun mereka tetap mendapat hukuman denda yang relatif ringan.

Namun Madrid, Juventus, dan Barcelona menolak mengikuti jejak sembilan klub tersebut. Ketiganya masih ngotot menjalankan Liga Super Eropa. Kondisi tersebut akhirnya membuat UEFA gerah. Setelah melakukan investigasi, konfederasi sepak bola Eropa itu segera memberikan hukuman berat kepada tiga klub tersebut.

Baca Juga:

Sanksi UEFA buat Klub yang Masih di Liga Super Eropa

Redam Gejolak, Chelsea dan Liverpool Libatkan Suporter dalam Pengambilan Keputusan

Aksi Nyata Premier League Cegah Polemik Liga Super Eropa Terulang

Lalu apa yang terjadi jika UEFA menghukum Madrid, Barcelona, dan Juventus dengan larangan tampil di Liga Champions musim depan? Berikut skenario jika ketiga klub tersebut ditendang dari Liga Champions musim mendatang.


Siapa yang Menggantikan?

Pertanyaan pertama yang muncul tentu saja siapa yang akan mengisi posisi mereka di Liga Champions. Sebagai informasi, ketiga klub ini memiliki jatah tampil di fase grup Liga Champions.

Jawabannya terbilang mudah. Jatah akan jatuh ke tim selanjutnya sesuai peringkat di liga masing-masing.

Di Serie A, jatah tiket Liga Champions akan menjadi milik Napoli yang ada di posisi kelima. Karena Napoli mendapatkan tiket ke Liga Champions, jatah Liga Europa akan turun ke AS Roma, sedangkan yang ke Liga Conference adalah Sassuolo.

Untuk LaLiga, pergerakan lebih terasa karena ada dua klub yang terancan dilarang, Madrid dan Barcelona. Tiket Liga Champions akan diberikan kepada Real Sociedad dan Real Betis yang sebelumnya mendapatkan jatah Liga Europa berdasarkan posisi klasemen.

Sedangkan Villarreal yang sebelumnya dapat jatah di Liga Conference otomatis ke Liga Champions karena menjuarai Liga Europa. Sedangkan jatah Liga Europa dan Liga Conference sesuai dengan peringkat di klasemen.


Dampak Finansial

Bukan rahasia lagi, tampil di Liga Champions merupakan suntikan berharga buat keuangan klub. Jadi bisa dibayangkan kesulitan yang akan dihadapi Barcelona yang saat ini tengah dilanda krisis keuangan. Pukulan serupa juga dirasakan oleh Real Madrid dan Juventus.

Di sisi lain, jika ketiga klub dikenai hukuman larangan tampil di Liga Champions, beberapa klub seperti Napoli, Betis, atau Sociedad yang mendapatkan jatah akan mendapatkan suntikan finansial.


Liga Champions tanpa Madrid, Barcelona, dan Juventus

Sulit membayangkan Liga Champions tanpa trio Madrid, Barcelona, dan Juventus. Ketiga klub sudah membagi 22 gelar juara di kompetisi ini. Bisa dikatakan ketiga klub ini sudah menjadi bagian penting dari Liga Champions. Mereka nyaris tidak pernah absen.

Meski begitu, ralitasnya Liga Champions tanpa ketiga klub itu, paling tidak satu musim, tidak akan terlalu terasa karena masih ada klub-klub lain yang masih akan membuat kompetisi menarik.

Liga Super Eropa Liga Champions Juventus Real Madrid Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan