BolaSkor.com - "Kita akan memenangkan liga!". Nyanyian itu berkumandang di Stadion Anfield seusai Liverpool membekap Manchester United 2-0, Sabtu (19/1). Kemenangan yang membuat The Reds mantab di puncak Premier League dengan keunggulan 16 poin, plus satu laga di tangan.

Setelah menunggu selama 30 tahun dan diselingi beberapa kali nyaris, fans Liverpool kini percaya gelar perdana sejak era 1990-an akan diraih. Meski tidak sedikit yang masih belum mau mendahului takdir, seperti yang Jurgen Klopp yang menolak untuk menyatakan musim telah berakhir.

Baca Juga:

Solskjaer Sebut Liverpool Bukan Tim Terbaik Sekalipun Raih Treble

Marcus Rashford Absen Melawan Liverpool, Paul Ince Salahkan Manchester United

Liverpool 2-0 Man United: The Reds Telah Kalahkan Seluruh Tim Premier League Musim Ini

Memang hanya kejadian luar biasa yang bisa mengagalkan Liverpool meraih trofi Premier League untuk pertama kalinya. Bahkan mereka memiliki kesempatan untuk memastikan titel juara di markas rival mereka sang juara bertahan Manchester City.

Apa yang dibutuhkan agar Liverpool memastikan titel di Etihad?

Jika Liverpool dan Manchester City terus meraih kemenangan di laga berikut, kepastian juara Premier League bisa terjadi di Stadion Etihad 4 April.

Liverpool yang saat ini memiliki satu laga di tangan bisa berangkat ke Etihad dengan kemasan 91 poin, unggul 19 poin dari Man City. Dengan 18 poin yang tersisa, Liverpool hanya membutuhkan hasil seri saat menghadapi City untuk mengangkat trofi di markas juara bertahan.


Kapan waktu tercepat Liverpool memenangi Premier League?

Secara teori Liverpool bisa memastikan titel saat tandang ke markas Watford pada 29 Februari, pada laga ke-28 mereka musim ini. Namun itu hanya bisa terjadi jika Liverpool sebelumnya selalu menang dan Man City selalu kalah. Hal ini tentu sulit terjadi.

Meskipun City kalah pada lima laga ke depan, masih ada Leicester yang bisa meraih poin maksimal dan membuat pacuan juara masih hidup.

Satu hal yang pasti, Liverpool harus memenangkan 10 dari 16 laga sisa untuk menjadi kampiun.


Sejarah Tercepat

Melihat apa yang terjadi di masa lalu, Liverpool berpeluang mencatat rekor sebagai klub yang memastikan juara paling awal.

Rekor tercepat saat ini masih menjadi milik Manchester United pada 2000-01. Saat itu Setan Merah mengangkat trofi pada 14 April.

Sedangkan rekor klub yang memastikan juara dengan sisa laga terbanyak juga dipegang United dengan menyisakan lima laga pada 2000-01. Pencapaian serupa dicatat City pada 2017-18.

Jika Liverpool memastikan gelar di Etihad, artinya mereka masih memiliki enam laga tersisa.