Kapan Terakhir Liverpool Bermain di Final Piala Liga?

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 26 Februari 2022
Kapan Terakhir Liverpool Bermain di Final Piala Liga?
Liverpool pada musim 2015-2016 (Twitter)

BolaSkor.com - Liverpool di musim ini masih bersaing di empat kompetisi dari Premier League, Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga. Kans pertama memenangi trofi dimiliki The Reds pada ajang Piala Liga.

Liverpool akan menghadapi juara bertahan Liga Champions, Chelsea, di final yang akan dihelat di Wembley (27/02) malam WIB. Dalam sejarahnya Liverpool sudah memenangi delapan titel liga: pertama pada 1981 dan terakhir pada 2012.

Pada 2012 Liverpool bermain melawan Cardiff City di final yang dipimpin Mark Clattenburg di Wembley. Liverpool masih dilatih Kenny Dalglish dan laga berakhir imbang 2-2: dua gol Liverpool dicetak Martin Skrtel dan Dirk Kut, lalu dua gol Cardiff datang dari Joe Mason dan Ben Turner.

Baca Juga:

Liverpool 6-0 Leeds, Konsistensi Mane dan Mo Salah Ukir Rekor Lewati Drogba

Liverpool Cetak Setengah Lusin Gol, Klopp: Bisa Lebih Banyak

Liverpool Ikut Berburu Lautaro Martinez

Laga berlanjut hingga drama adu penalti setelah skor 2-2 tetap bertahan di waktu normal. Liverpool menang 3-2. Meski dua eksekutor mereka Steven Gerrard dan Charlie Adam gagal mencetak gol, tiga pemain Cardiff juga gagal melakukannya.

Akan tapi itu bukan terakhir kali Liverpool bermain di final Piala Liga. Tim penilik titel Piala Liga terbanyak bersama Manchester City (delapan trofi) lima kali jadi runner-up, terakhir mencapai final dan gagal juara pada musim 2015-2016

Skuad Liverpool pada 2015-2016

Di musim pertama Jurgen Klopp melatih Liverpool klub sudah dibawanya ke final Piala Liga, melawan Man City yang di musim-musim setelahnya jadi pesaing kompetitif dalam perebutan titel Premier League.

City namun belum dilatih Pep Guardiola melainkan Manuel Pellegrini. Liverpool belum terbentuk sesuai keinginan Klopp, tapi mampu memberikan perlawanan sengit hingga laga berakhir 1-1 dari gol Philippe Coutinho yang membalas gol Fernandinho.

Pada drama adu penalti Liverpool kalah 1-3 dengan tiga penendang penalti mereka Lucas Leiva, Philippe Coutinho, dan Adam Lallana gagal mencetak gol dan dari City hanya Fernandinho yang gagal melakukannya.

Kala itu Liverpool turun dengan taktik 4-2-3-1 dengan mengandalkan Daniel Sturridge di lini depan, ditopang oleh Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan James Milner. Di lini belakang masih mengandalkan Mamadou Sakho dan Lucas yang jadi bek meski posisi aslinya gelandang bertahan.

Susunan Pemain Liverpool di final Piala Liga 2015-2016:

Liverpool (4-2-3-1): Simon Mignolet; Nathaniel Clyne, Lucas Leiva, Mamadou Sakho, Alberto Moreno; Jordan Henderson, Emre Can, James Milner, Roberto Firmino, Philippe Coutinho; Daniel Sturridge

Pemain Cadangan: Adam Bogdan, Kolo Toure, Jon Flanagan, Adam Lallana, Joe Allen, Christian Benteke, Divock Origi

Pelatih: Jurgen Klopp

Breaking News Liverpool Piala Liga Piala Liga Inggris
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.176

Bagikan