Kehebatan PSG: Getol Boyong Pemain Bintang, tapi Bersikeras Melepasnya

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 12 Agustus 2021
Kehebatan PSG: Getol Boyong Pemain Bintang, tapi Bersikeras Melepasnya
Nasser Al-Khelaifi, Lionel Messi, dan Leonardo (Twitter)

BolaSkor.com - Pesan serius diperlihatkan PSG (Paris Saint-Germain) di bursa transfer musim panas 2021. Les Parisiens - julukan PSG - terus menjaga ambisi juara Liga Champions dengan memperkuat skuad tim.

Tidak berhenti pasca memboyong Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Georginio Wijnaldum, PSG besutan Mauricio Pochettino teranyar mengamankan servis pemenang enam Ballon d'Or, Lionel Messi.

PSG mengontrak Messi dengan kontrak dua tahun, plus opsi perpanjang setahun, dan menggajinya sebesar 35 juta euro atau sekira Rp560 miliar per tahunnya. PSG menampung La Pulga usai kontraknya tidak diperpanjang oleh Barcelona.

Baca Juga:

5 Potensi Taktik PSG bersama Lionel Messi

Membedah Kekuatan per Lini Les Galactiques PSG Plus Lionel Messi

Detail Gaji yang Diterima Lionel Messi di PSG

Lionel Messi

Kecuali Hakimi yang direkrut sebesar 71 juta euro, empat pemain lainnya diboyong gratis setelah kontraknya berakhir dengan mantan klubnya masing-masing. PSG mencapai kesepakatan personal dengan proposal gaji yang berbeda kepada setiap rekrutan anyar tersebut.

Sempat ada isu PSG akan dikenai pelanggaran aturan FFP (Financial Fair Play) dengan memiliki Neymar, Kylian Mbappe, Messi, Donnarumma, dan Ramos yang punya gaji besar dalam skuad. Tetapi Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi menenangkan fans terkait isu tersebut.

"Kami telah mengikuti regulasi Financial Fair Play sejak hari pertama. Sebelum kami melakukan apapun, tim finansial kami memeriksa segalanya. Kami punya kapasitas merekrut Messi dari sisi FFP dan kami akan selalu mengikuti aturan," tutur Al-Khelaifi di konferensi pers pengenalan Messi.

Faktanya demikian. PSG memiliki 'kehebatan' merekrut pemain-pemain bintang Eropa ke dalam skuad mereka sejak diakusisi konsorsium Timur Tengah pada 2011, tapi di satu sisi bersikeras juga dalam mempertahankannya.

Kegigihan PSG

PSG memiliki banyak bintang dalam skuad terkini atau mereka yang sudah hengkang. Di masa lalu banyak klub Eropa tertarik kepada Thiago Silva, Zlatan Ibrahimovic, dan Edinson Cavani. PSG mempertahankan mereka habis-habisan.

Pada akhirnya pemain seperti Cavani hingga Silva pergi karena kontraknya berakhir dengan PSG. Kebijakan PSG sama tidak berubah: jika tim butuh mereka maka tak perlu bagi klub menjualnya.

Pengecualian untuk pemain-pemain yang nasibnya dipertanyakan di PSG seperti Giovani Lo Celso dan Goncalo Guedes, klub tidak segan membuka negosiasi transfer. Terakhir bintang yang pergi karena PSG gagal menjaganya adalah Ronaldinho pada 2003 ke Barcelona.

Nasser Al-Khelaifi dan Kylian Mbappe

Hal itu berlaku kini kepada Kylian Mbappe. Striker asal Prancis kontraknya tersisa setahun lagi dan Real Madrid terus memantaunya. Akan tapi Al-Khelaifi sudah menegaskan nasib Mbappe di PSG.

"Mbappe pemain PSG. Dia berkata kepada publik dia tak ingin meninggalkan klub, kami tahu masa depannya. Dia telah berkata tidak pergi, jadi dia akan bertahan. Dia telah berkata ingin tim kompetitif - sekarang tidak ada alasan lagi," tegas Al-Khelaifi.

Breaking News PSG Lionel Messi Nasser Al-Khelaifi Ligue 1 Ligue 1 Prancis
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan