Kembali ke Stadion, Sederet Protokol Kesehatan Harus Ditaati Suporter di Inggris

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 04 Desember 2020
Kembali ke Stadion, Sederet Protokol Kesehatan Harus Ditaati Suporter di Inggris
Suporter wajib menaati protokol kesehatan untuk diizinkan hadir di stadion. (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League dan sepak bola Inggris secara keseluruhan nampak tak mau menyia-nyiakan kesempatan dari pemerintah terkait izin kembalinya suporter ke stadion. Sejumlah protokol yang ketat sudah disiapkan demi membuat situasi tetap aman untuk semua pihak.

Pemerintah Inggris akhirnya memang mengizinkan penonton kembali datang ke stadion setelah mencabut kebijakan lockdown pada awal Desember kemarin. Namun keputusan ini memiliki sejumlah syarat yang ketat.

Pemerintah Inggris telah membagi seluruh wilayah negaranya ke dalam tiga tingkatan penyebaran virus corona. Hanya kota yang berada di tingkatan satu dan dua yang klubnya diizinkan menggelar laga kandang dengan kehadiran stadion.

Baca Juga:

Adu Kepala dengan David Luiz, Tengkorak Raul Jimenez Rengat

Menonton Manchester United Tidak Baik untuk Kesehatan

Fred Kena Damprat Roy Keane, Disebut Pemalas dan Tak Spesial

Suporter Arsenal memenuhi tribun Emirates Stadium di ajang Liga Europa.

Dari 20 peserta Premier League 2020-2021, sepuluh di antaranya termasuk dalam tingkatan kedua. Hal ini membuat mereka bisa menghadirkan 2.000 suporter ke stadion.

Sementara sepuluh klub lain berada di tingkatan ketiga. Klub-klub yang termasuk dalam kategori ini harus menunggu lebih lama untuk melihat kembalinya suporter di tribun.

Liverpool, West Ham United, Tottenham Hotspur, Arsenal, Chelsea, dan Everton termasuk dalam sepuluh klub yang berada di kategori dua. Sebaliknya, Manchester United dan Manchester City berada di kategori ketiga.

Premier League telah menyusun pedoman atau protokol untuk suporter yang diizinkan hadir ke stadion. Masing-masing klub juga diberi wewenang khusus untuk menerapkan aturan tambahan sesuai situasi di kandangnya.

Berikut beberapa protokol yang dikeluarkan oleh Premier League dan EFL untuk para suporter dilansir dari talkSPORT:

1. Suporter harus memberikan nama dan detail kontak untuk setiap pemegang tiket individu dan tidak boleh memberikan tiket kepada orang lain.

2. Suporter tidak boleh hadir jika mereka menderita gejala COVID-19, merasa tidak enak badan, atau telah melakukan kontak dengan orang lain yang mengalami gejala atau dinyatakan positif. Jika mereka menjadi tidak sehat saat berada di stadion, mereka harus segera memberi tahu anggota staf.

3. Suporter diminta untuk merencanakan perjalanan mereka dan datang lebih awal untuk pertandingan.

4. Jarak sosial harus dijaga setiap saat. Suporter harus mengikuti semua papan nama dan marka lantai untuk membantu menjaga jarak sosial, dan perhatikan bahwa beberapa fasilitas stadion, termasuk toilet dan kios minuman, mungkin ditutup.

5. Klub dapat membuat keputusan sendiri, apakah penggemar harus mengenakan penutup wajah setiap saat atau apakah mereka dapat melepasnya setelah duduk. Khusus Premier League, memakai masker di tribun merupakan sebuah kewajiban.

6. Suporter diminta untuk tidak membawa tas besar ke dalam stadion untuk menghindari memperlambat proses masuk.

7. Klub dapat membuat keputusan sendiri tentang bentuk pembayaran apa yang akan diterima, termasuk tidak mengizinkan pembayaran tunai.

8. Jika memungkinkan, suporter diminta untuk menghindari penggunaan fasilitas toilet pada waktu-waktu sibuk, termasuk paruh waktu dan akhir pertandingan.

9. Suporter juga diminta untuk tetap berada di kursi mereka untuk pertandingan penuh, termasuk pada babak pertama, untuk menghindari pergerakan yang tidak perlu. Fans diperingatkan bahwa akan lebih lama dari biasanya untuk meninggalkan stadion setelah pertandingan.

10. Suporter diminta untuk menghindari penggunaan gagang atau pagar jika memungkinkan dan menggunakan pembersih tangan yang disediakan.

11. Suporter akan diizinkan bernyanyi, tetapi hanya selama mereka tetap berada dalam jarak sosial.

12. Saat merayakan gol, suporter diminta untuk menjaga jarak aman dengan pendukung lain yang tidak berada dalam lingkaran sosial Anda, dan menghormati serta memperhatikan orang-orang di sekitar yang keadaan pribadinya mungkin berbeda.

13. Suporter tidak boleh menyentuh bola pertandingan jika ditendang ke tribun.

14. Suporter tidak boleh mendekati pemain atau manajer mana pun untuk meminta tanda tangan, foto, atau alasan lainnya.

15. Suporter dapat membeli alkohol tanpa makanan yang banyak, seperti yang diwajibkan di pub dan restoran, tetapi tetap tidak boleh mengonsumsi minuman mereka di kursi tribun.

Premier League Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan