Kembali Latih Klub Inggris, Unai Emery Penasaran dengan Premier League?

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 25 Oktober 2022
Kembali Latih Klub Inggris, Unai Emery Penasaran dengan Premier League?
Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari Premier League. Aston Villa dengan cepat mencari pengganti usai memecat legenda Liverpool, Steven Gerrard. Pergerakan cepat Villa bahkan mengalahkan Wolverhampton Wanderers yang belum punya pelatih baru usai memecat Bruno Lage.

Pelatih yang ditunjuk Villa sebagai pengganti Gerrard adalah Unai Emery. Peramu taktik asal Spanyol itu, menurut Fabrizio Romano, akan digaji sebesar tujuh juta euro per tahunnya dan Villa menebus klausul pembeliannya dari Villarreal, dengan banderol enam juta euro.

"Aston Villa dengan senang hati mengumumkan penunjukan Unai Emery sebagai pelatih kepala klub yang baru," demikian pernyataan dari laman resmi Villa.

"Unai bergabung dari Villarreal, yang ia pimpin menuju kesuksesan Liga Europa dengan mengalahkan Manchester United di final pada 2021 serta semifinal Liga Champions musim lalu."

Baca Juga:

Menang dan Ada di Puncak Klasemen Jadi Candu untuk Arsenal

Tren Kemenangan Arsenal Berakhir di St Mary's Stadium

Makin Jago, Ada Apa dengan Arsenal?

"Seorang pelatih tingkat atas yang sangat berpengalaman yang telah mengelola lebih dari 900 pertandingan, Unai juga sebelumnya melatih di Premier League dengan Arsenal, memimpin The Gunners ke final Liga Europa."

Soal pengalaman Unai Emery memilikinya dari masa-masanya saat membesut Almeria, Valencia, Spartak Moscow, Sevilla, PSG, Arsenal, dan Villarreal. Emery juga dikenal sebagai Raja Liga Europa karena telah memenanginya empat kali.

Satu hal yang cukup menarik perhatian adalah Emery seyogyanya tidak dalam situasi tertekan di Villarreal. Klub juga ada di urutan tujuh klasemen dan masih dapat menjangkau zona Liga Champions, plus memiliki pertahanan yang kuat.

Pada awal September lalu catatan, dari Squawka, menuturkan apabila Villarreal jadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang tidak kebobolan satu pun gol: empat laga, tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan mencetak sembilan gol.

Dapat dimaklumi apabila Emery juga tak bisa berbuat banyak karena Villa menebus klausul pembeliannya dari Villarreal. Namun kembalinya Emery ke Premier League akan menarik, sebab ia punya 'urusan' yang belum selesai di Inggris.

Emery melatih Arsenal pada medio 2018-2019 menggantikan Arsene Wenger, tetapi ia dipecat meski berhasil membawa klub ke final Liga Europa dan digantikan oleh Mikel Arteta. Bersama Villa dapat menjadi kans Emery untuk unjuk gigi bahwa ia bukan pelatih 'gagal'.

Unai Emery Arsenal Aston villa Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.176

Bagikan