Kenang Piala Eropa 1996, Klinsmann Salut dengan Mentalitas Southgate

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 26 Juni 2021
Kenang Piala Eropa 1996, Klinsmann Salut dengan Mentalitas Southgate
Jurgen Klinsmann coba menghibur Gareth Southgate (Twitter)

BolaSkor.com - Mantan penyerang timnas Jerman Jurgen Klinsmann mengenang momen semifinal di Piala Eropa 1996. Kala itu Jerman berhadapan dengan Inggris dan diingat dengan kegagalan penalti Gareth Southgate.

Dalam tim asuhan Terry Venables yang memiliki nama-nama top seperti Alan Shearer, David Seaman, Tony Adams, hingga Paul Gascoigne, Inggris sukses melaju ke semifinal Piala Eropa 1996 dan melawan Jerman.

Laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal kala gol Shearer dibalas Stefan Kuntz. Pada drama adu penalti enam suksesor Jerman menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi dari Inggris hanya lima yang berbuah gol.

Pasalnya penendang keenam dan sukarelawan yang 'berani' mengambil penalti, Gareth Southgate gagal mencetak gol. Klinsmann jadi sosok pertama yang mendekatinya dan menghibur Southgate di kala rekan setimnya melakukan selebrasi lolos ke final (Klinsmann absen karena cedera).

Baca Juga:

Mandul di Fase Grup, Harry Kane Ikrarkan Sebuah Janji

Tantang Jerman, Jangan Ragukan Mental Inggris

Inggris Vs Jerman: Momen Penebusan Dosa dan Trauma Gareth Southgate

Ekspresi kecewa Gareth Southgate

Mantan pelatih timnas Jerman itu tidak begitu mengingat isi percakapannya dengan Southgate, tetapi ia ingat dengan kekuatan mental yang diperlihatkan Southgate.

"Saya tidak ingat apa yang kami bicarakan," kata Klinsmann, mengingat momen 25 tahun yang lalu, dikutip dari Mirror.

"Anda hanya ingin mengatakan kepadanya bahwa bukan masalah besar untuk melewatkan penalti. Kita semua gagal mencetak gol penalti."

"Jelas, jika itu terjadi di semifinal Piala Eropa, itu masalah besar, karena seluruh bangsa menderita pada saat itu. Tapi kamu sendiri yang paling hancur saat itu, karena kamu merasa telah mengecewakan semua orang, yang tidak pernah dia lakukan sebelumnya."

Kebangkitan Gareth Southgate

Perlahan Southgate membangun karier kepelatihan sejak 2006 dengan melatih Middlesbrough, lalu kemudian timnas Inggris U-21 dan timnas senior sejak 2016. Namanya dielukan kala membawa Inggris menembus semifinal Piala Dunia 2018 sebelum kandas oleh Kroasia.

Kendati gagal menjuarainya Inggris berkembang, bahkan mengakhiri kutukan penalti di fase gugur kala melawan Kolombia. Southgate pun mendapatkan pujian dari Klinsmann.

"Dia (Southgate) memiliki karier bermain yang luar biasa dan dia berkembang pada peran manajemen, melalui sistem pemain muda, sekarang ke puncak permainan, memimpin tim Inggris," imbuh Klinsmann.

"Jadi saya sangat mengagumi Gareth. Saya cukup beruntung bisa bersama tim BBC di Rusia pada Piala Dunia 2018. Saya datang ke Rusia ketika Jerman sudah berada di rumah!"

"Ketika saya di sana, saya fokus pada Inggris. Gareth membimbing mereka ke semifinal dan membangun tulang punggung melalui turnamen itu untuk apa yang kita lihat sekarang."

"Dia mengubah tim Inggris ini menjadi seperti sekarang ini. Saya pikir skuad, dan terutama starting lineup, cukup bagus untuk melaju ke final."

"Gareth bisa sangat bangga dengan apa yang telah dia lakukan sejauh ini, tetapi sekarang, semuanya akan diukur dengan hasil," pungkas Klinsmann.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Inggris Timnas Inggris
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.251

Bagikan