Kepa Arrizabalaga Belum Amankan Status Kiper Utama Chelsea

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 19 Oktober 2022
Kepa Arrizabalaga Belum Amankan Status Kiper Utama Chelsea
Kepa Arrizabalaga (Twitter)

BolaSkor.com - Kepa Arrizabalaga mampu menemukan kembali performa terbaiknya. Meski begitu, ia belum benar-benar mengamankan status kiper utama Chelsea lagi.

Kepa sempat mengemban status kiper nomor utama Chelsea usai didatangkan dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Nilai transfer yang mencapai 80 juta euro tak membuatnya gugup.

Terbukti Kepa mampu tampil solid dan mempersembahkan trofi Liga Europa pada musim perdana. Uang besar yang dikeluarkan Chelsea seolah terbayar lunas.

Baca Juga:

Kebangkitan Chelsea Era Graham Potter, Empat Kemenangan Beruntun dan Clean Sheet

Aston Villa 0-2 Chelsea: The Blues Tak Terkalahkan di Era Graham Potter

Aston Villa Vs Chelsea, The Blues Bergairah di Bawah Asuhan Graham Potter

Namun penampilan Kepa mulai menurun pada musim kedua. Faktor non teknis disebut-sebut menjadi penyebab utamanya.

Frank Lampard yang ketika itu duduk di kursi manajer pun habis kesabaran. Pada musim panas 2020, ia mendatangkan Edouard Mendy sebagai pesaing Kepa.

Tak butuh waktu lama bagi Mendy untuk merebut status kiper utama Chelsea. Lengsernya Lampard dan datangnya Thomas Tuchel di pertengahan musim tidak mengubah situasi.

Lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan membuat Kepa gerah. Ia sempat ingin meninggalkan Chelsea pada musim panas lalu untuk menjaga peluang dipanggil Timnas Spanyol ke Piala Dunia 2022.

Namun pada akhirnya Kepa tetap bertahan di Chelsea. Kesabarannya pun mulai menemui ganjaran setimpal.

Performa Mendy yang mulai menurun dan diiringi pemecatan Tuchel secara tak langsung mengubah nasib Kepa. Pemain berusia 28 tahun itu diberi kesempatan untuk mengawal gawang Chelsea oleh sang manajer anyar, Graham Potter.

Kesempatan ini nyatanya tidak disia-siakan Kepa. Dari enam laga terakhir, pemain kelahiran Ondarroa tersebut hanya kebobolan satu gol.

Catatan tersebut bukan kebetulan semata. Kepa rutin melakukan penyelamatan gemilang di setiap pertandingan.

Hal ini harusnya sudah membuat Kepa mengamankan posisi kiper nomor satu. Namun Potter memilih tidak memberikan garansi tersebut.

“Saya selalu berpikir lebih baik membiarkan sepak bola memutuskan dan Kepa telah melakukannya dengan sangat baik. Dia telah didukung secara fantastis oleh Edou (Edouard Mendy) dan Bets (Marcus Bettinelli)," kata Potter jelang laga kontra Brentford.

"Performa Kepa sangat menyenangkan untuk semua orang, terutama dia. Jadi bagus kami memiliki persaingan di area itu karena kami membutuhkan hal ini di tim."

Potter dikenal sebagai manajer yang detail. Ia membutuhkan seorang kiper dengan kemampuan spesifik untuk mendukung skema permainannya.

Potter nyatanya sangat terkesan dengan apa yang ditunjukkan Kepa sejauh ini. Kondisi tersebut secara tak langsung memperkecil peluang Mendy untuk kembali merebut posisi kiper utama Chelsea.

"Harus diakui, saya sangat terkesan dengan karakter dan kepribadiannya. Dia (Kepa) sangat profesional, memahami permainan dengan sangat baik, dan bertanggung jawab," tambahnya.

"Jadi, menyenangkan ketika orang-orang seperti itu mendapatkan hadiah, yang merupakan hadiah dari kerja keras mereka.”

Kepa Arrizabalaga Chelsea Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan