Ketika Pemain Chelsea Diajari Aturan Tak Tertulis oleh Jose Mourinho

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 08 Desember 2022
Ketika Pemain Chelsea Diajari Aturan Tak Tertulis oleh Jose Mourinho
Jose Mourinho dan Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Jose Mourinho dan Chelsea. Dua elemen berbeda itu tidak dapat dipisahkan apabila membicarakan sepak bola Eropa beserta sejarahnya. Mourinho pernah melatih The Blues selama dua periode yakni pada 2004-2007 dan 2013-2015.

Di kedua periode itu Mourinho meraih sukses dengan raihan total tiga Premier League, satu Piala Liga, dan tiga Piala Liga. Di antara kedua periode itu juga momen paling berkesan bagi fans diingat pada periode pertama.

Kala itu Mourinho datang sebagai pelatih muda dengan kesuksesan double winners titel liga dan Liga Champions dengan Porto. Chelsea tengah membentuk tim di bawah arahan pemilik asal Rusia, Roman Abramovich, dan Mourinho bagian dalam proyek tersebut.

Mourinho membentuk Chelsea sebagai tim yang disegani di Inggris hingga memenangi titel liga selama dua musim beruntun. Banyak pemain yang pernah dilatihnya dan menjadi legenda klub, salah satunya adalah mantan kapten Chelsea, John Terry.

Baca Juga:

Betapa Cintanya Real Madrid kepada Carlo Ancelotti

Josko Gvardiol di Antara Real Madrid dan Chelsea

5 Penjualan Pemain yang Datang Tepat pada Waktunya

Pria asal Inggris itu bercerita satu fakta menarik mengenai Mourinho kala ia mengajarkan kepada para pemainnya. Itu soal aturan tak tertulis dalam sepak bola di mana ia meminta dua beknya jatuh bersamaan kala cedera.

Dengan melakukan hal tersebut maka wasit tak bisa meminta keduanya meninggalkan lapangan pertandingan. Cara yang unik dan Terry melihat itu sebagai bukti apabila Mourinho sosok yang memerhatikan detail kecil.

"Saya ingat, aturannya adalah, jika kami unggul 1-0 dan bola dikirim ke kotak penalti, jika dua bek sama-sama mengejarnya dan jatuh setelahnya, Anda tidak harus keluar meninggalkan lapangan permainan," papar Terry kepada Bein Sports.

"Jadi 10 atau 15 menit terakhir, dia akan mendudukkan saya dan Gary Cahill dan berkata, 'Ketika bola masuk ke dalam kotak, pastikan Anda berdua jatuh - saling bertabrakan dan keduanya jatuh karena Anda tidak bisa keluar bersamaan."

"Kami belum pernah mendengar aturan itu. Jadi bola datang dalam 10 menit terakhir, sundul keluar, Gaz jatuh dan saya pikir 'Saya lebih baik jatuh juga'. Jadi saya jatuh dan wasit berkata 'Anda berdua keluar lapangan'. Saya berkata 'Tidak, itu bukan aturannya, tanyakan pada hakim garis'."

"Mourinho jauh di depan dengan bagian-bagian kecil itu dan Anda berbicara tentang margin kecil dan manajer terbaik menemukan margin kecil itu. Luar biasa," urai Terry.

Chelsea Mourinho Jose Mourinho Premier League John Terry
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan