Ketika Perpanjangan Kontrak Ernesto Valverde Memicu Perang Saudara Fans Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 16 Februari 2019
Ketika Perpanjangan Kontrak Ernesto Valverde Memicu Perang Saudara Fans Barcelona
Ernesto Valverde (Zimbio)

BolaSkor.com - 15 Februari 2019, FC Barcelona memberi pengumuman resmi soal perpanjangan kontrak Ernesto Valverde. Pelatih berusia 55 tahun teken kontrak selama setahun, musim 2019-20, dengan opsi perpanjang setahun.

Meski Barca tidak mengikatnya dengan kontrak jangka panjang, kontrak baru Valverde itu ditanggapi dengan penilaian berbeda dari sejumlah fans Barcelona. Pro-kontra mengiringinya dan mengarah kepada perang saudara fans Barca di sosial media.

Beberapa yang tidak setuju Valverde diperpanjang kontraknya mempertanyakan alasan klub melakukannya, ada juga yang memberikan GIF (gambar bergerak), hingga menuliskan "RIP tiki taka" yang dapat diartikan sebagai akhir era tiki taka.

Bahkan ada juga yang langsung meramaikan tagar #ValverdeOut sebagai bentuk kekecewaan tersebut. Valverde, meski mempersembahkan satu titel LaLiga dan Copa del Rey di musim pertamanya melatih Barca, tidak disukai sebagian fans karena tidak melanjutkan tradisi klub.

Baca Juga:

Teken Kontrak Satu Musim di Barcelona, Ernesto Valverde Punya Opsi Tambahan

Di Puncak Klasemen, Barcelona Tak Takut dengan Siapa Pun

Prediksi Barcelona Vs Real Valladolid: Menjauh dari Rival di LaLiga

Ernesto Valverde teken kontrak baru dengan Barcelona

Permainan Barca di era Valverde cenderung meninggalkan tradisi permainan yang dinamis, banyak bergerak, dan menghibur fans. Kurangnya rotasi pemain dan ketergantungan kepada Lionel Messi, juga menjadi beberapa alasan fans tidak menyukai Valverde.

Mereka juga masih mengingat baik momen dramatis dan pahit musim lalu di perempat final Liga Champions. Melawan AS Roma, Barca yang sudah unggul 4-1 di leg pertama, secara mengejutkan kalah 0-3 di leg kedua yang berlangsung di Stadio Olimpico.

Barca tidak memiliki 'jawaban' dari pertandingan itu dan Roma menunjukkan mentalitas mereka saat mematikan La Pulga. Valverde, di laga itu, dinilai tidak memiliki kemampuan untuk mengubah hasil laga dengan perubahan taktik dari pemain-pemain yang ada dalam skuat.

Akan tapi tidak semua fans mempertanyakan keputusan Barca memperpanjang kontrak Valverde. Penilik akun Twitter @MustafaM6501 justru melihat sisi positif Valverde, yang mengembangkan potensi dari Arthur, Ousmane Dembele, Samuel Umtiti, Carles Alena.

"Pembenci akan tetap jadi pembenci, tapi dia mengubah klub dari bencana dan memimpin perkembangan Arthur, Dembele, Umtiti, (Marc-Andre) Ter Stegen, (Jordi) Alba, Alena," begitu cuitan dari @MustafaM6501.

Melihat proposal setahun kontrak dan opsi perpanjang setahun lagi, terlihat indikasi Barcelona akan menilai performa Valverde dari tingkat kesuksesan di titel Liga Champions, yang terakhir diraih pada musim 2014-15.

Breaking News Barcelona FC Barcelona Ernesto Valverde LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.263

Bagikan