BolaSkor.com - Liverpool mengumumkan Konstantinos "Kostas" Tsimikas sebagai pembelian teranyar mereka. Bek kiri Yunani itu didatangkan Liverpool dengan benderol 11,75 juta poundsterling dan diikat kontrak berdurasi lima tahun.

Melihat benderol yang dibayarkan, Liverpool kembali membuktikan kepiawaian mereka soal urusan pembelian pemain. Kehadiran Tsimikas mengukuhkan Liverpool dengan metode Moneyball. Liverpool menegaskan mereka bukan tim yang doyan jorjoran dalam transfer pemain.

Baca Juga:

Kostas Tsimikas, Pemain yang Didatangkan Liverpool untuk Melapisi Andy Robertson

Kehadiran Thiago Alcantara Bisa Jadi Bumerang bagi Liverpool

Alisson Rasakan Lelah Tak Biasa Usai Persembahkan Trofi Premier League untuk Liverpool

Dengan Moneyball, Liverpool fokus mendatangkan pemain yang memiliki potensi besar dengan harga murah, ketimbang pemain populer dengan banderol selangit. Bahkan saat harus mengeluarkan banyak uang, potensi manfaat sang pemain tetap menjadi pertimbangan utama, Virgil van Dijk dan Alisson Becker contohnya.

Dana yang dikeluarkan Liverpool untuk membeli Tsimikas bahkan hanya sedikit lebih mahal ketimbang saat mendatangkan pemain dengan posisi sama, Andy Robertson, yang didatangkan The Reds hanya dengan delapan juta poundsterling.

Mengutip dari Squawka, pengeluaran Liverpool untuk membeli bek sayap termasuk kecil jika dibandingkan Manchester City. Liverpool mengeluarkan hanya 20 juta poundsterling untuk Robertson dan Tsimikas. Sedangkan Man City sudah mendatangkan lima bek sayap di era Pep Guardiola, Joao Cancelo, Benjamin Mendy, Kyle Walker, Danilo, dan Angelino. Total Man City mengeluarkan 189 juta poundsterling. Cancelo jadi pemain termahal dengan 60 juta poundsterling.

Secara keseluruhan, Liverpool memang tidak gemar menghamburkan uang untuk membeli pemain dengan harga mahal. Sejauh ini, hanya Virgil van Dijk dan Alisson Becker yang dibeli dengan harga mahal.

Tiga Tahun Dipantau

Tidak hanya itu, Liverpool selalu mendatangkan pemain yang sudah dipantau lama. Ya, meski nama Konstantinos "Kostas" Tsimikas terdengar asing, sang pemain sudah lama ada dalam pemantauan Liverpool. Liverpool Echo mengungkap, tim pemandu bakat Liverpool sudah mengawasi perkembangan Tsimikas sejak tiga tahun lalu.

Sebuah pertandingan di Turf Moor pada Agustus 2018 menjadi kesempatan bagi Liverpool melihat dari dekat kiprah Tsimikas. Bek muda Yunani tersebut ikut berperan membawa Olympiacos meraih hasil imbang 1-1 untuk lolos ke babak grup Liga Europa, dengan agregat 4-2.

Dari laga tersebut perwakilan Liverpool terkesan dengan cara Tsimikas meredam Aaron Lennon di Turf Moor yang berisik dengan suporter tuan rumah. Hingga pada akhirnya Aaron Lennon ditarik keluar saat laga tersisa 15 menit.

Pada saat itu, ofisial Liverpool mulai menilai karakter dan temperamen Tsimikas. Dengan Michael Edwards sebagai direktur olahraga, The Reds memastikan tidak ada yang terlewatkan, tidak terkecuali Tsimikas. Sejak saat itu, Liverpool langsung menjalin hubungan dengan perwakilan sang pemain.

Liverpool terus memantau perkembangan Tsimikas. Analisis latar belakang yang mendetail berlanjut di belakang layar. Tipe permainannya dinilai apakah sesuai dengan sistem jangka panjang Jurgen Klopp.

Dengan tuntutan bek sayap pada level ekstrem dalam skuat Liverpool saat ini, staf The Reds tahu bahwa merekrut pelapis untuk Trent Alexander-Arnold atau Andy Robertson adalah tugas yang sulit.

Klopp memandang Robertson sebagai yang terbaik di dunia dalam posisinya. Sehingga menemukan pengganti yang memadai merupakan tantangan bagi pemandu bakat dan tim rekrutmen. Klopp sendiri enggan menerima seseorang yang belum dinilainya secara menyeluruh.

Awal musim lalu, staf Liverpool melihat adanya peningkatan luar biasa yang dilakukan Tsimikas. Bek muda itu membawa bola lebih jauh, menutupi lebih banyak area, dan terus agresif dalam bertahan. Penampilannya di babak grup Liga Champions mulai mengingatkan akan bakatnya. Tersiar juga kabar bahwa Nice maupun Napoli sudah bersiap melemparkan tawaran.

Minat Menguat

Ajang Liga Champions musim ini makin membuktikan bahwa Tsimikas mampu beroperasi di level teratas sepak bola Eropa. Dia mampu apik ketika menghadapi Bayern Munchen, Tottenham Hotspur, dan Red Star Belgrade. Kemudian saat Olimpiacos turun ke Liga Europa, Tsimikas terus tampil mengesankan dalam pertandingan melawan Arsenal dan Wolves. Minat Liverpool menguat.

Hubungan yang ada antara Edwards dan perwakilan Tsimikas yang pada akhirnya meyakinkan The Reds bahwa mereka tetap menginginkan asng pemain. Pada pergantian tahun, diketahui bahwa Edwards mendorong nama Tsimikas ke posisi teratas daftar belanjaan Liverpool.

Pandemi COVID-19 membuat klub mengambil sikap untuk menangguhkan semua negosiasi selama Premier League diliburkan. Tetapi pembicaraan kembali dilanjutkan menjelang akhir Juni.

Diskusi ekstensif antara Klopp, stafnya, dan tim perekrutan memperlihatkan nama Tsimikas menonjol bersama pemain Norwich City, Jamal Lewis. Sergio Reguilon, dari Real Madrid, juga dipertimbangkan bersama Lloyd Kelly dari Bournemouth. Klopp sangat antusias dengan apa yang dilihatnya dari Tsimikas. Sedangkan staf Liverpool menunjuk bahwa Tsimikas dan Lewis sebagai target utama.

Staf klub terkesan dengan keuletan yang ditunjukkan oleh pemain Yunani berusia 24 tahun itu. Terlebih diketahui juga bahwa Tsimikas berasal dari keluarga yang mendukung Liverpool. Dan, Tsimikas juga diketahui secara ekstensif mempelajari cara bermain Robertson.

Diskusi perekrutan dimulai pada akhir Juli dan sumber yang dekat dengan kesepakatan tersebut mengklaim bahwa penawaran awal Liverpool ditolak. Liverpool kemudian mencoba mendekati Norwich untuk mendapatkan Jamal Lewis.

Setelah dua tawaran dengan cepat ditolak oleh Norwich, Edwards bertemu dengan rekannya di Olympiakos, Lina Souloukou. Mereka bertemu saat laga Wolverhampton melawan Olympiacos pada pertandingan Liga Europa. Hingga pada akhirnya kesepakatan tercapai di angka 11,75 juta pounds. Dengan syarat, pihak Liverpool tidak langsung mengumumkannya, pasalnya Olympiacos khawatir berita tersebut dapat berdampak buruk bagi persiapan mereka di Liga Europa.

Echo mengabarkan, diperkirakan ada klausul Olympiacos akan mendapatkan 20 persen jika di masa depan Liverpool menjual Tsimikas. Setelah kesepakatan tercapai, Tsimikas terbang ke Inggris untuk pemeriksaan medis di Merseyside.

Meski sudah melakukan tes medis di Liverpool, klub-klub lain seperti Nice, Napoli, Leicester City, dan Sevilla terus mencoba menyalip Liverpool. Namun, pada saat itu, hati Tsimikas sudah mantap tertuju ke Liverpool.