Kisah Mengharukan di Balik Comeback Scott Carson ke Premier League

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 15 Mei 2021
Kisah Mengharukan di Balik Comeback Scott Carson ke Premier League
Scott Carson tampil mengawal gawang Manchester City. (Twitter)

BolaSkor.com - Laga tandang kontra Newcastle United dalam lanjutan Premier League 2020-2021 mungkin sudah tidak terlalu penting bagi Manchester City. Namun pertandingan ini nyatanya menjadi momen istimewa bagi salah satu penggawa The Citizens, Scott Carson.

Laga yang berlangsung di St. James Park, Sabtu (15/5) dini hari WIB, memang hanya sekadar formalitas belaka. Manchester City sudah mengunci gelar juara, sedangkan Newcastle United juga sudah terhindar dar ancaman degradasi.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola merespons kondisi dengan melakukan rotasi pemain. Ia mengistirahatkan sejumlah seperti Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, Riyad Mahrez, Fernandinho, hingga Ederson.

Baca Juga:

Sergio Aguero Rela Potong Gaji, Barcelona Masih Mikir-Mikir

Newcastle 3-4 Manchester City: The Citizens Ukir Rekor Tandang

Alarm Bahaya untuk Para Pesaing, Pep Guardiola Masih Ketagihan

Scott Carson

Sebagai gantinya, Guardiola menurunkan sejumlah nama yang minim menit bermain. Beberapa di antaranya yaitu Nathan Ake, Eric Garcia, dan Rodri.

Namun yang paling menarik tentu berdirinya Scott Carson di bawah mistar gawang untuk menggantikan peran Ederson. Padahal Guardiola masih memiliki Zack Steffen yang berstatus kiper kedua.

Guardiola mungkin hanyan ingin bersikap adil kepada para pemainnya. Sebelum laga kontra Newcastle, Carson memang belum pernah bermain sepanjang musim ini.

Laga kontra Newcastle bahkan menjadi penampilan perdana Carson di Premier League setelah sepuluh tahun absen. Penampilan terakhir kiper berusia 35 tahun itu di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris terjadi pada 22 Mei 2011 saat masih memperkuat West Bromwich Albion.

Yang mengejutkan, penampilan terakhir tersebut juga terjadi pada laga kontra Newcastle di St, James Park. Sebuah kebetulan yang tak biasa.

Wajar jika Carson menyambut momen ini dengan emosional. Ia tak menampik mimpinya untuk kembali ke Premier League telah terwujud.

“Pelatih kiper memberi tahu saya kemarin, jadi saya jelas senang. Saya pikir hari-hari saya di Premier League telah berakhir tetapi untungnya saya tidak pernah menyerah dan saya punya kesempatan," kata Carson kepada Sky Sports.

"Saya terkejut tetapi sejak saya berada di sini, saya hanya berusaha untuk bekerja sekeras yang saya bisa dan siap jika diperlukan. Untungnya manajer telah melihatnya dan memberi saya kesempatan bermain."

Carson didatangkan Manchester City dari Derby County pada musim panas 2019. Namun ia baru diturunkan pada laga kontra Newcastle.

Carson mengaku dirinya bisa saja diberi kesempatan tampil pada penghujung musim lalu. Namun kondisi Ederson yang bersaing sengit untuk mendapatkan trofi sarung tangan emas di Premier League membuatnya harus bersabar.

Jejak Karier Carson

Carson merupakan produk akademi Leeds United. Ia sempat digadang-gadang sebagai kiper masa depan Timnas Inggris usai diboyong ke Liverpool pada 2005 silam.

Namun penampilan yang kurang meyakinkan membuat Liverpool meminjamkannya ke sejumlah klub. Carson harus real berganti-ganti klub dari mulai Charlton Athletic, Aston Villa, hingga dijual permanen ke West Brom pada musim panas 2008.

Meski begitu, Carson sempat mendapat panggilan memperkuat Timnas Inggris. Ia melakoni debut pada November 2007 dan sejauh ini memiliki empat caps.

Ironisnya, Carson meninggalkan catatan kelam di timnas. Ia menjadi salah satu aktor penyebab kegagalan The Three Lions gagal melaju ke putaran final Piala Eropa 2008 setelah melakukan blunder pada laga penentuan kontra Kroasia.

Scott Carson

Pada akhir musim 2010-2011, Carson membuat keputusan berani untuk berkarier di luar negeri. Ia meninggalkan West Brom untuk menerima pinangan klub Turki, Bursaspor.

Namun keputusan itu seperti membuatnya hilang dari peredaran. Carson menjadi kesulitan untuk memikat klub-klub Premier League lagi saat memutuskan untuk kembali dua tahun berselang.

Pada musim 2013-2014, Carson akhirnya rela menerima pinangan Wigan Athletic yang berlaga di Championship. Ia kemudian pindah ke Derby sebelum ditarik Manchester City.

Manchester City Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan