BolaSkor.com - Eks Barcelona asal Brasil Rivaldo menilai Xavi Hernandez berpeluang besar kembali ke Camp Nou sebagai pelatih. Akan tetapi Rivaldo menilai Xavi akan selalu berada di bawah bayang-bayang Pep Guardiola.

Xavi Hernandez beberapa waktu lalu menyatakan kesiapannya untuk melatih Barcelona. Padahal, dia sempat menolak jabatan itu ketika ditawari pada Januari lalu.

Ketika itu nama Xavi memang sempat menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Ernesto Valverde yang dipecat. Namun sang legenda hidup Barcelona merasa belum siap, sehingga menolak tawaran tersebut.

Baca Juga:

Pandemi Virus Corona Paksa Pelatih Barcelona Jadi Koki Dadakan

Luis Enrique Ceritakan Kesannya Melatih Lionel Messi

Aubameyang Diprediksi Gabung Barcelona atau Manchester City

Pada akhirnya, Barcelona menunjuk Quique Setien untuk menangani Lionel Messi dan kawan-kawan. Sementara Xavi melanjutkan karier kepelatihannya bersama klub Qatar, Al Sadd.

Hanya butuh waktu dua bulan bagi Xavi untuk berubah pikiran. Kini dia berharap manajemen Barcelona kembali memberikan tawaran kepadanya.

"Saya jelas ingin kembali ke Barcelona, saya merasa sangat antusias. Saya bisa melihat diri sendiri menjadi pelatih dan merasa bisa memberi hal-hal positif kepada para pemain," kata Xavi kepada La Vanguardia.

Mengenai peluang menjadi pelatih Barcelona, Rivaldo mengatakan Xavi memang merupakan calon paling pas.

“Saya percaya Xavi akan menjadi pelatih Barcelona di masa depan karena dia bukan hanya mengenal klub dalam-dalam, tetapi juga memiliki kualitas yang baik sebagai pelatih,” kata Rivaldo dikutip dari Goal.

“Pada saat yang tepat Xavi akan tahu bahwa waktu untuk melatih Barcelona telah tiba. Dia akan mencoba untuk membuat tim Barca mendekati generasi emasnya di Camp Nou.”

Selain persoalan pemilihan waktu, Rivaldo juga memaparkan ujian berat yang akan dihadapi Xavi jika menjadi arsitek Barcelona.

“Tekanan meningkatkan level klub akan tinggi, terutama karena dia memiliki karier profesional yang mirip dengan Pep Guardiola. Gaya bermain yang identik dan sekarang bisa meniru sistem di mana Pep adalah seorang maestro.”

“Tentu saja, tidak akan mudah untuk membuat sesuatu yang serupa dan Xavi membutuhkan pemain yang tepat pada waktu yang tepat untuk membuat sistemnya bekerja dengan sempurna," jelas Rivaldo.

Selanjutnya Rivaldo menuturkan, Xavi sangat berpeluang untuk sukses di Barcelona. Namun untuk menjadi sukses, paling tidak Xavi harus memiliki dua atau tiga pemain kunci untuk paling tidak memiliki peluang menyamai level Guardiola.